Asrama Arcamanik Rutin Gelar LCC Demi Menjaga Ilmu Anak Asuh

Asrama Arcamanik Rutin Gelar LCC Demi Menjaga Ilmu Anak Asuh

Menghafal kembali dan menerapkan suatu ilmu yang didapat merupakan salah satu cara agar ilmu tersebut tidak hilang begitu saja. Hal ini dilakukan oleh anak asuh Asrama Rumah Yatim Arcamanik melalui kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC).

LCC dilakukan sebagai kegiatan evaluasi hasil pembelajaran diniyah. Untuk itu, dalam kegiatan ini seringkali mengangkat tema mengenai hafalan doa, hafalan hadits, hafalan ayat Alquran, fiqih dan ilmu agama lainnya.

“Misalnya mengenai fiqih zinayah tentang bagaimana menshalatkan jenazah, bagaimana tata cara shalat ketika bulan purnama, ketika shalat istisqho dan sebagainya. Nah itu biasa kami evaluasikan setiap mengadakan kegiatan LCC,” papar Pembina Asrama Rumah Yatim Arcamanik, Nur Azizah, Selasa (15/10).

Selain itu, anak-anak juga diberikan soal mengenai kisah-kisah sahabat Nabi. “Karena sebagaimana sesuai dengan kurikulum di Asrama Rumah Yatim yaitu anak-anak SMP khususnya SMA minimal anak-anak harus bisa menguasai 25 kisah sahabat Rasul,” lanjutnya.

Melalui LCC, dapat mengingatkan kembali pengetahuan yang sudah dimiliki oleh anak-anak. Selain itu, mereka bisa belajar melatih konsentrasi, melatih rasa percaya diri, serta melatih kekompakan.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap satu bulan sekali, dan diikuti oleh seluruh anak Asrama Rumah Yatim Arcamanik. Namun, kadang dilakukan secara insidental, yaitu setiap satu minggu sekali.

“Namun kami tidak selalu memberikan hadiah pada anak yang menang, karena tujuan utama kami bukan untuk memberikan hadiah saja, karena dikhawatirkan anak menjadi ketergantungan dengan hadiah itu,” jelas Azizah -sapaan akrabnya.

Hadiah yang diberikan biasanya berupa buku-buku kisah Nabi. Hal itu sejalan dengan diadakannya program book lovers atau pecinta buku. Sehingga itu yang membentuk minat baca anak sedikit demi sedikit.

 

 
Jurnalis: Tanti Sugiharti
Redaktur: Anjar Martiana

Hits: 11

Berita terkait

Leave a Comment