Ditengah Kemarau Panjang, Anak Asuh Mataram Berhasil Panen Sayuran Hidroponik

Ditengah Kemarau Panjang, Anak Asuh Mataram Berhasil Panen Sayuran Hidroponik

Di tengah musim kemarau, anak asuh Asrama Rumah Yatim Cabang Mataram NTB panen tanaman sayuran hidroponik sebanyak dua kilogram. Panen ini merupakan hasil dari pembelajaran bertani dan bercocok tanam, pada beberapa minggu lalu yang dibimbing oleh para pengurus asrama.

Menurut Pengurus Asrama Rumah Yatim Mataram, Salma Hasanah, tanaman sayuran hidroponik yang telah panen ini ditanam pada awal Oktober. Meskipun kemarau melanda sebagian besar wilayah NTB, namun penanaman sayuran hidoponik ini bisa ditanam dengan memanfaatkan lahan yang minim, air secukupnya dan vitamin.

“Alhamdulillah kita panen sayuran pakcoy. Karena medianya tidak pakai tanah, tetapi gabus, ke depannya kita akan nanam jenis sayuran yang lain, karena ini begitu mudah,” ungkapnya.

Usai menanam sayuran jenis pakcoy, kini anak asuh kembali menanam sayuran paprika, selada merah dan bokor. Menurutnya, anak asuh senang melihat hasil tanaman sayurnya tumbuh subur. Selanjutnya, tumbuhan sayuran tersebut akan dikonsumsi anak-anak, mengingat kandungannya yang baik untuk kesehatan.

Bahkan, kata dia, ada donatur yang tertarik dengan hasil bercocok tanam dari anak asuh. Ia menambahkan, lewat kegiatan tersebut, diharapkan dapat memicu kreativitas anak menjadi keahlian yang bisa bermanfaat di masa depan.

 

 
Jurnalis: Dila Nurfadila
Redaktur: Anjar Martiana

Hits: 14

Berita terkait

Leave a Comment