Dua Belas Ribu Liter Air Disalurkan Rumah Yatim Bagi Warga di Kampung Patrol

Dua Belas Ribu Liter Air Disalurkan Rumah Yatim Bagi Warga di Kampung Patrol

Musim kemarau yang panjang menyebabkan kekeringan air hampir di sebagian besar wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Seperti yang terjadi di Kampung Patrol, Desa Banjaran, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, banyak sumur warga yang kering sejak beberapa bulan ini.

Atas kondisi itu, sebanyak 12 ribu liter air bersih disalurkan Rumah Yatim Area Jawa Barat kepada ribuan warga RW 06 Kampung Patrol, pada Rabu (16/10) lalu. Relawan Rumah Yatim, Solehudin menuturkan, bantuan ini diserahkan kepada warga di satu RW dengan total tujuh RT.

“Sumur warga pada kering karena kemarau panjang, jadi mereka bingung cari air. Akhirnya mereka mengajukan minta bantuan air bersih,” tutur Relawan Rumah Yatim, Solehudin.

Ia menambahkan, air yang disalurkan ini diangkut menggunakan toren besar secara bertahap. Ribuan warga antusias dan berbondong-bondong membawa ember untuk menampung air di titik penyaluran air. Warga  rela antre demi mendapat air untuk kebutuhan mandi, minum, dan memasak.

Bukan hanya di wilayah Banjaran, ia juga mengatakan, banyak yang mengajukan permintaan bantuan air bersih di Cianjur, Sukabumi, Dayeuhkolot dan lainnya. Solehudin berharap, kemarau panjang ini bisa segera berakhir. Mengingat banyak warga yang kesulitan mencari air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

 

 
Jurnalis: Dila Nurfadila
Redaktur: Anjar Martiana

Related posts

Leave a Comment