Pendidikan menjadi begitu berarti bagi anak-anak yang kurang beruntung di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Mendorong dan ikut terlibat dalam pendidikan anak, khususnya yatim dan dhuafa, menjadi salah satu program Rumah Yatim. Lewat program bantuan beasiswa dhuafa, ratusan anak di Jawa Timur bisa tersenyum.

Terkenal dengan ikon patung sura dan baya, ibu kota Jawa Timur ini sarat akan nuansa nyaman. Namun, dibalik itu semua masih ada anak yatim dan dhaufa yang memerlukan uluran tangan. Program beasiswa dhuafa Rumah Yatim, melalui Kantor Cabang Surabaya bisa menyentuh anak-anak tersebut.

Sedikitnya dari data yang didapatkan jurnalis Rumah Yatim pada Jumat (30/11) kemarin, ada 220 orang anak di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Timur bisa merasakan manfaat tersebut, dari Januari hingga November 2018. Setiap bulannya, Rumah Yatim Cabang Surabaya membidik anak yatim dan dhuafa di sejumlah daerah Jawa Timur. Salah satunya di Kota Surabaya itu sendiri.

“Semua orang pasti peduli dengan perubahan sosial di masyarakat dan mau berbagi sesuatu untuk mendukung perubahan itu sendiri, terutama bagi anak yatim dan dhuafa,” papar Agus Muhammad Yusuf, Kepala Cabang Rumah Yatim Surabaya, Sabtu (1/12).

Selain Surabaya, kabupaten atau kota yang merasakan manfaat beasiswa dhuafa tersebut ialah Gresik, Bojonegoro, Malang, Probolinggo, dan Bojonegoro. Beasiswa dhuafa ini disalurkan setiap bulan di wilayah tersebut secara bergantian. Penerima manfaat juga bervariasi, kata Agus, dimulai dari anak PAUD hingga menengah pertama dan atas.

Ia menambahkan, kegiatan pemberian bantuan beasiswa ini semata-mata untuk ikut andil dalam penyelesaian masalah sosial yang ada. Menurutnya, Rumah Yatim hanya sebagai fasilitator atau perantara untuk menyalurkan bantuan tersebut.

“Kita mampu menghubungkan masyarakat yang mampu dan masyarakat yang hidupnya kurang beruntung pasti akan terjadi nilai kesejahteraan yang merata di masyarakat,” kata Agus.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat