28 Titik Belum Tersentuh, FoZ Ajak Rumah Yatim Perluas Jangkauan Bantuan

Besarnya dampak gempa mengakibatkan banyaknya daerah yang belum tersentuh bantuan. Menurut informasi yang diperoleh jurnalis Rumah Yatim dari Forum Zakat (FoZ), sebanyak 28 titik wilayah terdampak gempa, belum tersentuh bantuan. Oleh karena itu, FoZ menggandeng Rumah Yatim untuk perluas jangkauan bantuan, agar bantuan untuk para korban dapat disalurkan secara merata.

Informasi 28 titik yang belum tersentuh bantuan telah di update sejak Jumat (10/8). Berbagai kebutuhan sangat dibutuhkan segera. Tercatat lima dusun sangat membutuhkan bantuan trauma healing. Terdiri dari Dusun Rau Rempek, Dusun Rempek Darusalam, Dusun

Jelantik, Sigar Banjalin, Ramput Tanjung,

Sedangkan, tercatat tujuh dusun, sangat membutuhkan pelayanan medis, terdiri dari Dusun Malaka, Desa Tebango, Gondang Timur, Dusun Serungga, Puskesmas Nipah, Ramput Tanjung, Desa Salut, Monggal Bawah dan Monggal Atas.

Kemudian, tercatat 16 dusun darurat obat-obatan, logistik, makanan dan minum, bahan pangan atau sembako, terpal, selimut, MCK, penerangan dan sarana air bersih. Adapun bantuan yang telah disalurkan Rumah Yatim berupa tikar, selimut, terpal, popok bayi, bubur bayi, air minum, makanan siap saji, medis dan obat-obatan, perlengkapan MCK. Bantuan tersebut diserahkan di Dusun Lading-lading, Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Untuk bantuan dapur umum, Rumah Yatim menyalurkan di Dusun Telaga Wareng, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok utara.

Banyaknya titik yang belum tersentuh bantuan, kata Dadan selaku relawan Rumah Yatim di lapangan, pihaknya terus berkoordinasi dengan lembaga lain yang tergabung dalam FoZ. Hal ini dilakukan untuk saling bertukar informasi terkait bantuan tanggap darurat bencana dan untuk saling melengkapi dalam penyaluran antar sesama lembaga.

“Misalkan, daerah ini belum dapat bantuan nih, nah kita informasikan di grup yang dibuat oleh FoZ,  disini kita saling bertukar informasi dan berkoordinasi dengan lembaga lain, karena kan tujuannya untuk membantu kehidupan orang lain,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend