342 Kepala Keluarga Terdampak Gempa Terima Bantuan Rumah Yatim

Pendistribusian bantuan terus dilakukan oleh tim relawan Rumah Yatim untuk para korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan sekitarnya. Sebanyak 342 kepala keluarga di posko pengungsian Kampung Limboro, Kabupaten Donggala, Sulteng, menerima bantuan peduli bencana yang didistribusikan oleh Rumah Yatim dengan penuh rasa bahagia dan suka cita, Sabtu (13/10).

Penyaluran bantuan ini, untuk meringankan beban masyarakat terdampak gempa yang masih merasakan duka dan pilu akibat tempat tinggalnya dihantam gempa 7,7 SR. Salah seorang tim relawan Rumah Yatim, Dadan Rusmana menuturkan, bantuan yang diberikan berupa paket sembako, air mineral, paket MCK, paket perlengkapan bayi, dan paket pakaian wanita.

Sedangkan, kondisi wilayah tersebut, menurut pantauannya di lapangan, Kabupaten Donggala tidak terkena tsunami, namun gempa yang meluluhlantakan tempat tinggal ratusan kepala keluarga. Kondisi di Donggala berbeda dengan Palu, banyaknya rumah yang runtuh dan retak, membuat masyarakat enggan untuk menempatinya karena sudah tidak layak huni.

Hal ini diungkapkan Dadan, kedatangan tim Rumah Yatim disambut antusias dengan penuh suka cita, bahkan warga berbondong-bondong membantu menurunkan ratusan bantuan itu. Menurut informasi yang diperolehnya, terakhir warga menerima bantuan pada Jumat (5/10) lalu.

“Bantuan yang kita bawa relatif komplit, semuanya dipaketkan agar dibagi rata untuk menjangkau ke masing-masing pengungsi. Mereka sangat antusias sekali dan menyambut kita dengan suka cita,” jelasnya.

Ia berharap, kondisi masyarakat setempat dapat cepat pulih kembali. Walaupun mereka banyak merasakan kehilangan, setidaknya bantuan ini dapat meringankan dukanya saat terkena dampak gempa ini, yang sudah tidak memiliki apapun selain pakaian yang dipakainya berhari-hari.

“Bukan hanya bantuan logistik, bantuan lain pun sangat diharapkan warga untuk menumbuhkan kembali ekonominya,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend