Bantu Kesehatan Masyarakat, Rumah Yatim Adakan Kesehatan di Ciparahu

Pandemi di Indonesia belum usai, namun penyuluhan kesehatan tetap perlu terus disosialisasikan, untuk itu, Rumah Yatim Regional Jabodetabek bersama Puskesmas Cihara membantu pengobatan ratusan masyarakat Prasejahtera melalui bantuan layanan Kesehatan Gratis di Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, pada Kamis (13/8) lalu.

Relawan Rumah Yatim, Nina mengatakan, adanya kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu kesehatan masyarakat setempat yang sulit mendapat pengobatan karena keterbatasan biaya. Terlebih di masa pandemic ini, jangan kan untuk biaya pengobatan, untuk makan sehari-hari pun sulit.

Kegiatan ini juga berlangsung khidmat, karena masyarakat yang hadir begitu antusias dan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk ikut pemeriksaan kesehatan secara gratis. Sebanyak 160 pasien yang terdiri dari lansia, anak-anak dan balita dewasa ikut pemeriksaan kesehatan di layanan kesehatan tersebut.

“Pada teknisnya pelaksanaan Baksos kesehatan ini, Rumah Yatim hanya mensupport kebutuhan saja. Sedangkan pelaksanaan seperti pemeriksaan di lakukan penuh oleh Pihak Puskesmas Desa Ciparahu.

Bahkan salah satu warga yang ikut memeriksakan diri, Enah (46), mengatakan senang sekali adanya bantuan tersebut, bagi nya hal ini dapat menghemat biaya konsultasi yang biasa dia keluarkan. Diketahui Enah memiliki riwayat penyakit asam urat sehingga setiap seminggu sekali melakukan kontrol dan membeli obat.

Selain itu Rumah Yatim juga turut memberikan obat-obatan untuk kebutuhan Puskesmas setempat. Ini merupakan pengembangan dari program layanan masyarakat selain hanya mengadakan kegiatan baksos kesehatan saja.

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

Redaktur: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend