Santri di Ponpes Pururiyadul Awamil Kesulitan Air Bersih, Rumah Yatim Bangun Sarana MCK

Rumah Yatim Regional Jabodetabek memberikan sarana air bersih dan pembangunan sarana MCK bagi santri di Pondok Pesantren Pururiyadul Awamil, Panimbang. Pemberian bantuan yang dilakukan pada Sabtu (6/3) untuk memenuhi kebutuhan para santri.

Berdasarkan informasi dari Relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Ali Ridwan mengatakan, ponpes tersebut memang tidak memiliki sarana air bersih dan sarana MCK yang memadai. Bahkan, mereka harus berjalan sekitar 5 kilometer untuk mendapat air bersih.

“Jika musim hujan mereka selalu menadah air hujan atau ke sumur penampungan. Sedangkan, jika musim kemarau, mereka mencari air hingga ke kampung sebelah atau sungai yang jaraknya 5 km,” paparnya.

Menurutnya, hal itu sangat memprihatinkan. Apalagi, jumlah santri tidak sedikit, yakni ada sekitar 60 santri dengan mayoritas anak yatim dan dhuafa. “Di sana memang kesulitan air bersih. Kasihan mereka harus berjuang setiap hari untuk mendapat air,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Rumah Yatim melakukan pengeboran air guna mendapat sarana air bersih bagi mereka. Harapannya, kata dia, dengan adanya bantuan ini bisa membuat mereka nyaman belajar di ponpes.

“Mudah-mudahan pembangunan sarana MCK ini bisa segera rampung, sehingga para santri tidak kesulitan lagi. Semoga dengan begitu mereka semakin semangat belajarnya dan meningkatkan prestasi,” tutup Ali.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend