517 Mustahik di Kalimantan Barat Terima Bantuan Ramadhan Rumah Yatim

517 Mustahik di Kalimantan Barat Terima Bantuan Ramadhan Rumah Yatim

Selama penyaluran program Ramadhan 1441 H, lika liku tantangan banyak ditemukan tim relawan di lapangan. Meski demikian, tak menyurutkan semangat mereka untuk menyampaikan amanah donatur kepada tangan yang berhak menerimanya hingga ke pelosok nusantara. Salah satunya untuk di wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya, sebanyak 517 mustahik telah merasakan bantuan Rumah Yatim melalui cabang Pontianak.

Kepala Cabang Pontianak, Abdurrohim menjelaskan, sejumlah program ramadhan telah digulirkan hingga ke daerah-daerah pelosok dan terisolir dari jangkauan pemerintah. Seperti bantuan ifthar dan sahur, Zakat fitrah dan parcel lebaran untuk para da’I, anak yatim dan kaum dhuafa lainnya. Dalam hal ini, tim Rumah Yatim Pontianak menyambangi daerah-daerah yang tidak pernah terjamah bantuan.

“Selama ramadhan, kita penyaluran dari rumah ke rumah. Kemudian Penyaluran menggunakan perahu kecil untuk penyaluran parcel dai ke pelosok yang ada jarangnya bantuan seperti ini,” ungkapnya, saat diwawancarai, Senin (8/6).

Menurutnya, penyaluran program Ramadhan kali ini terasa berbeda. Karena dihadapkan pada pandemi corona yang bisa saja tertular. Ditambah penyerahan bantuan harus dilakukan secara door to door untuk menghindari kerumunan massa, sehingga harus mempunyai tenaga ekstra. Meski demikian tidak menyurutkan semangat dan tekad para relawan untuk berbuat kebaikan.

Dari pantauannya, untuk wilayah Kalimantan Barat sendiri jarang adanya bantuan, sehingga ketika ada bantuan dari Rumah Yatim, mereka sangat antusias dan gembira. Rohim sapaan akrabnya bersyukur, bantuan yang diberikan Rumah Yatim ini membawa keceriaan dan senyum bahagia para mustahik di pelosok Kalimantan dan bisa merasakan keberkahan Ramadhan di tengah pandemi.

“Mereka sangat antusias sekali ketika adanya bantuan ini, karena baru pertama kali mendapat kan bantuan seperti ini. Alhamdulillah donasi dari para donatur bisa tersampaikan ke mereka yang membutuhkan.” pungkasnya

Berkat uluran tangan mereka, ratusan masyarakat dhuafa di Kalimantan Barat bisa merasakan kebahagiaan Idul fitri dan Ramadhan. Disamping itu selama Ramadhan sebanyak 137.987 mustahik menerima manfaat dari Rumah Yatim di seluruh pelosok Indonesia.

 

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend