612 Siswa TK dan SD El Fitra Ikuti Manasik Haji

Bulan Dzulhijjah merupakan momen yang tepat sebagai pengenalan dan pembekalan ibadah haji bagi anak-anak saat dewasa nanti apabila diberi kesempatan untuk menjalani ibadah haji. Pada Selasa (27/8), tenaga pengajar El Fitra menjalankan agenda rutin tahunan yaitu Manasik Haji bagi 612 siswa TK dan SD El Fitra.

Bertempat di SD El Fitra, Jalan Cibodas Raya No. 49, Antapani Kidul, Kota Bandung, kegiatan berlangsung meriah. Ketua Pelaksana, Tia Sritiawati mengatakan, manasik haji dilakukan dengan tujuan agar anak-anak benar-benar mengerti bagaimana proses manasik haji sebagaimana yang sudah diajarkan di kelas.

“Di kelas kan kita hanya belajar secara teori, nah di sini kita belajar secara praktik. Melalui manasik haji diharapkan anak-anak memahami tahapan-tahapan mulai dari kegiatan di Babussalam, memasuki masjidil haram, tawaf di ka’bah, masuk ke maqam ibrahim dan tahapan-tahapan lainnya sampai mereka mengikuti haji wada,” paparnya.

Melalui manasik haji, lanjutnya, mengajarkan dan melatih kesabaran anak-anak. Bagaimana mereka mampu bersabar melewati setiap prosesnya, bagaimana mereka mampu bersabar menahan cuaca panas hanya dengan memakai kain ihram atau baju yang terbuka.

“Semoga dengan adanya manasik haji ini anak-anak bisa lebih termotivasi, karena untuk melakukan ibadah haji membutuhkan tenaga, biaya yang tidak sedikit, jadi dengan adanya latihan ini semoga mereka memiliki azzam yang kuat untuk ibadah haji, mereka bisa menabung dari sekarang agar suatu saat Allah memberikan kesempatan untuk mereka melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya,” harapnya.

 

Jurnalis: Tanti Sugiharti

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Powered by

Send this to a friend