6700 Yatim dan Dhuafa Pengungsi Rohingya Telah Terima Paket Iftar Rumah Yatim

Sepanjang bulan Ramadhan 2018, Rumah Yatim telah menyalurkan ribuan paket iftar (buka puasa), bagi yatim dan dhuafa pengungsi Rohingya yang berada di pengungsian Bangladesh. Bantuan paket iftar tersebut merupakan bentuk berbagi kebahagiaan dengan para pengungsi muslim dari Rohingya.

Dari data dan informasi yang didapatkan jurnalis Rumah Yatim, sedikitinya telah disalurkan 6700 paket iftar. Penyaluran tersebut dilakukan di dua distrik pengungsian berbeda. Di antaranya di Kamp Balukhali, Kamp Jamtholi, Kamp Balukhali B8 di distrik Cox’s Bazar Bangladesh. Selain itu, penyaluraan iftar juga dilakukan di Kamp Moynerghona yang berada di distrik Ukhia Bangladesh.

Seluruh paket tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat Indonesia untuk saudara muslim di pengungsian. Untuk pelaksanaan kegiatan iftar tersebut juga dibantu oleh Lembaga Kemanusiaan Small Kindness Bangladesh. Sehingga pendistribusian bisa berjalan lancar dan tepat sasaran.

Dilaksanakannya kegiatan iftar untuk masing-masing kamp berjalan di waktu yang berbeda. Terhitung awal pelaksanaan iftar dilakukan pada 11 Juni 2018 di Kamp Balukhali dan Kamp Jamtholi. Setelah itu, pelaksanaan dilakukan esoknya pada 12 Juni 2018 di Kamp Balukhali B8. Uuntuk di Kamp Moynerghona dilaksanakan pada 13 Juni 2018.

Pada penyaluran pertama, Rumah Yatim memberikan sekitar 2100 paket makanan cepat saji untuk berbuka puasa. Di penyaluran selanjutnya, Rumah Yatim menyalurkan sebanyak 2100 juga untuk pengungsi yang berada di Kamp Balukhali Blok B8. Sedangkan untuk penyaluran ketiga di Kamp Moynerghona, Rumah Yatim menyalurkan sebanyak 2500 paket iftar.

Bantuan-bantuan yang telah diberikan mendapat sambutan antusias dari para pengungsi. Mengingat selama ini mereka hidup hanya dari bantuan-bantuan yang diberikan lembaga nasional dan internasional.

Bantuan yang disalurkan wajib tersebut juga sebelumnya harus berkoordinasi dengan militer Bangladesh. Hal ini bertujuan agar lebih tertib dan tepat sasaran dalam penyalurannya.

“Alhamdulillah berkat donatur yang ikut berbagi rezekinya untuk terwujudnya program iftar ini,” tutur Yusica, salah seorang staf Marketing dan Komunikasi Rumah Yatim.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-07-04 17:33:54

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Powered by

Send this to a friend