82 Korban Meninggal Akibat Gempa 7.0 SR di Lombok

Sumber foto: nasional.tempo.co
Sumber foto: nasional.tempo.co

Dampak gempa bumi berkekuatan 7.0 SR mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8) pukul 18.46 WIB memberikan dampak yang besar. Menurut informasi yang didapat jurnalis Rumah Yatim, dilansir dari situs bnpb.go.id, hingga Senin dini hari (6/8) pukul 02.30 WIB tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa karena tertimpa reruntuhan bangunan, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Hingga saat ini, ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman. Aparat gabungan terus melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempa. Berdasarkan informasi dari BPBD Provinsi NTB, wilayah terparah berada di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram. Tercatat 82 orang meninggal dunia, di antaranya 65 orang di Kabupaten Lombok Utara, 9 orang di Lombok Barat, 2 orang di Lombok Tengah, 4 orang di Kota Mataram, dan 2 orang di Lombok Timur.

Bukan hanya itu, gempa susulan berkekuatan 6,4 SR pada Senin (6/8) pukul 05.05 waktu setempat pun masih berlangsung saat penanganan darurat dampak gempa di Kabupaten Lombok Utara dan Timur. Terlebih ada peringatan dini tsunami menyebabkan masyarakat semakin panik dan trauma. Hingga Minggu (5/8) pukul 24.00 WIB terjadi 80 kali gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil.

Masih dilansir dari situs bnpb.go.id, gempa dirasakan kuat oleh masyarakat. Bahkan listrik padam di beberapa daerah Lombok dan kerugian materil karena bangunan rumah yang rusak akibat gempa sangat dirasakan oleh warga.

 

Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-08-06 11:09:06

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend