Alumnus Rumah Yatim Jadi Ketua Tim Kreatif Pameran Design 2019

Salah satu alumnus Asrama Rumah Yatim Kemang, Fikran Arif Syabana menjadi Ketua Tim Kreatif dalam ajang Pameran Design Experimental Exhibition 2019 di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Babakan Ciamis, Kota Bandung, Sabtu (2/2) lalu. Di pameran tersebut, ia turut mengeksplor diri dengan menunjukan hasil karya timnya yang bertemakan tentang Sampah Manusiawi.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu, mempertunjukan 13 karya. Ia menjelaskan, karya yang dihasilkan itu berdasarkan bentuk perilaku manusia dalam membuang sampah sembarangan, kemudian divisualisasikan dalam bentuk karya tangan yang didesain sedemikian rupa. Lalu karya tersebut diberi  nama yang disesuaikan oleh jenis sampah yang biasa dibuang oleh masyarakat.

“Kita ingin menyadarkan hal yang menurut kita sepele itu bisa menjadi masalah besar, seperti satu orang buang satu puntung rokok sembarangan, gimana kalau yang buang itu banyak, kan jadi masalah lingkungan juga,” jelas mahasiswa semester lima di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

Melalui kegiatan ini, ia ingin menyadarkan masyarakat, khususnya di Kota Bandung, bahwa sampah ini sudah seperti lautan. Perilaku salah yang tidak disadari masyarakat akan memberi masalah besar. Dari pameran ini, ia juga ingin menebarkan manfaat yang seluas-luasnya agar masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Targetnya menyadarkan manusia, kalau sudah ke perilaku kembali ke tanggung jawab pribadi masing masing. Karena kewajiban sesama manusia kan harus saling mengingatkan,” ungkapnya.

Usai dari kegiatan tersebut, ia berharap masyarakat yang sudah berkunjung dapat mengambil hikmahnya sesuai dengan tujuan dari diadakannya pemeran itu, yakni ingin menyadarkan manusia. Kemudian masyarakat yang sudah datang ke pameran itu, diharapkan dapat membagikan kepada orang lain, agar pesan ini tersebar luas. Menurutnya, peduli terhadap lingkungan itu, agar masyarakat bisa hidup dengan nyaman.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend