Anak-Anak di Dusun Ngemplak Gemar Membaca, Rumah Yatim Bantu Bangun Taman Membaca

Rumah Yatim Cabang Yogyakarta kembali mengunjungi anak-anak dan kepala dusun Ngemplak, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Senin (14/9).

Pada kesempatan kali ini, Rumah Yatim menyalurkan titipan yang telah diamanahkan oleh para donatur melalui penggalangan dana yang dilakukan oleh Rumah Yatim pada beberapa waktu lalu.

“Sesuai dengan penggalangan, kita memberikan buku bacaan, rak buku, dan meja belajar untuk dibangun taman baca,” tutur Relawan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta, Sigit.

Bantuan tersebut, kata Sigit, disimpan di rumah kepala dusun. Sebab setiap hari anak-anak di desa tersebut sering belajar di rumah kepala dusun. Apalagi ditengah Pandemi yang mengharuskan mereka belajar online, sehingga kegiatan belajar di rumah kepala dusun menjadi lebih intens.

“Respon dari kepala dusun tentunya sangat berterima kasih, apalagi kan itu buku-bukunya yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Ada kamus, ensiklopedi, buku bacaan anak-anak, soal-soal pembelajaran, dll,” terangnya.

“Bahkan beliau itu sempat cerita, kalau sebelumnya itu ada guru yang bilang kalau bisa beli kamus gitu buat anak-anak belajar, nah kebetulan kami datang bawa buku, kamus, dan lainnya itu, jadi ya beliau sangat senang,” imbuhnya.

Perlu diketahui, anak-anak di dusun tersebut sangat gemar membaca. Namun di dusun tersebut tidak tersedia taman bacaan maupun perpustakaan. Bahkan untuk menuju ke perpustakaan sekolah saja jaraknya cukup jauh, sehingga dalam kondisi ini tak memungkinkan anak-anak bisa pergi ke sekolah hanya untuk membaca.


Jurnalis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend