Anak Asuh Arcamanik Dilibatkan Dalam Pembuatan Konsep Kegiatan Tahfidz Camp

Anak Asuh Arcamanik Dilibatkan Dalam Pembuatan Konsep Kegiatan Tahfidz Camp

 

Sudah satu bulan lamanya anak-anak asuh asrama Rumah Yatim Arcamanik melakukan berbagai kegiatan di asrama. Selain mengisi kegiatan dengan pembelajaran akademik melalui online, sejumlah kegiatan dilakukan oleh asrama guna memenuhi kebutuhan pendidikan di tengah pandemi covid-19.

Salahsatu kegiatan asrama yaitu Tahfidz camp. Menurut keterangan pengasuh asrama arcamanik, Azizah, melalui kegiatan tahfidz camp anak-anak diberikan target untuk satu hari satu halaman.

“Mereka ini udah melakukan berbagai kegiatan. Setelah magrib, anak-anak lanjut hafalan. Kita juga ada kegiatan tahfidz camp, mereka di target satu hari harus satu halaman,” tuturnya.

Seluruh kegiatan sendiri, kata Azizah, anak-anak yang menjadi koordinator. Mulai dari pengemasan konsep, hingga mengisi materi anak-anaklah yang berperan aktif. Sehingga tidak terpaku kepada pengurus asrama.

“Namun agar penyampaiannya tidak monoton, kita pengemasannya di kembalikan lagi ke anak-anak. Sehingga anaklah sebagai pusatnya, mulai dari konsep pembelajarannya seperti apa. Kan di sini anak-anak juga jenuh kalau harus dengerin materi terus, anak-anak jadi ngantuk. Jadi biar semua anak terlibat aktif,” terangnya.

Selain itu, di sela-sela kegiatan juga ada sesi menonton film yang diselingi dengan kuis-kuis. Setelah itu, anak-anak melanjutkan kegiatan dengan berdiskusi.

“Jadi mereka sendiri yang membuat konsep, namun sebelum melakukan itu mereka konsul dulu ke saya. Tetap tidak terlepas dari pengawasan,” tuturnya.

 

 

 

Jurnalis : Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend