Anak Asuh Cilandak Presentasi dengan PowerPoint untuk Tingkatkan Kemampuan Public Speaking

Rumah Yatim cabang Cilandak, Jakarta mempunyai trik jitu untuk meningkatkan kemampuan public speaking anak asuh , trik ini ialah dengan membiasakan anak asuh menyampaikan materi di depan teman asuhnya. Lebih menarik lagi, mereka menerangkan materi menggunakan powerpoint.

Setiap sebulan sekali, ada sebanyak 3 anak asuh akan menyampaikan materi mengenai tajwid, fiqh, muamalah, Alquran, ilmu dan masih banyak lagi. Materi ini dicari dan dibuat PPT oleh anak asuh dari buku, Internetmaupun AlQuran.

Agar anak asuh lain bisa memperhatikan tanpa merasa bosan, anak asuh yang tampil akan membuat PPT semenarik mungkin dan mereka pun akan menyampaikan materi semenarik mungkin pula.

” Sebenarnya anak asuh rutin menyampaikan materi diniyah ke teman asuhnya, namun penyampaian melalui power point ini jarang karena menyesuaikan dengan jadwal anak asuh, kan kalo pake powerpoint anak asuh butuh persiapan lebih lama, takutnya kalo di rutinkan akan menghambat ke kegiatan lainnya,” terang Mustofa, kepala asrama Rumah Yatim Cilandak.

Mustofa mengatakan jika setiap anak yang tampil akan diberi waktu paling sedikit 30 menit untuk menyampaikan materi, setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan publik speaking anak asuh, agar setelah mereka sekolah tatap muka nanti, mereka bisa tampil percaya diri dan menarik ketika menerangkan materi ke teman kelasnya.

” Di sekolah kan mereka sering dapat tugas yang nantinya harus menerangkan hasil tugasnya ke teman kelas, agar mereka tidak gugup dan tampil percaya diri, maka saya latih dari sekarang, semoga kedepannya mereka bisa percaya diri tampil di depan banyak orang, selain teman-temannya,” tutup Mustofa.

Sinta

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend