Disiapkannya makanan untuk berbuka dan hidangan tambahan lainnya. Seluruh keringat di hari itu terbayar saat suara adzan berkumandang dan bersiap untuk berbuka. Anak asuh Kemang ceria dan bahagia, walau sedang berpuasa, Kamis (13/12).

Bahkan, menurut pemaparan Kepala Asrama Rumah Yatim Kemang, Reno, anak asuhnya selalu rutin melaksanakan puasa sunah. Hal ini, agar anak-anak terbiasa dalam menjalani amalan-amalan yang dicontohkan Rasulullah. Selain itu, anak asuh juga mempersiapkan sendiri hidangan untuk berbukanya.

Reno menambahkan, kesenangan anak asuh dikarenakan rasa bahagia telah menyelesaikan puasa di hari Kamis kemarin. Dikarenakan, selama sehari penuh mereka semua menjalani aktivitas yang cukup padat di sekolah dan lainnya. Anak asuh juga, kata dia, tetap menjalani aktivitas diniyah seperti biasanya.

“Aktivitasnya seperti biasa sekolah, kegiatan di asrama, tapi Alhamdulilah untuk sementara ini tidak ada hambatan,” papar Reno, Jumat (14/12) malam.

Ia menjelaskan, persiapan anak asuh jelang puasa sunah ialah bangun sejak pukul tiga dini hari. Kemudian, anak-anak bersiap untuk melaksanakan shalat tahajud terlebih dahulu. Sebagian, kata dia, ada yang melaksanakan tadarus dan mempersiapkan makanan untuk sahur bersama.

Harapannya, sambung Reno, anak asuh Kemang bisa terus menjalani kegiatan sunah lainnya dengan istiqomah. Agar kelak bisa menjadi generasi yang selalu mengamalkan apa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Di sisi lain, ia juga menanamkan, agar anak asuh terus meningkatkan dalam ibadah wajib dan lainnya.

“Saya bilang ke anak-anak mendapatkan pahala itu di agama Islam tidak terfokus hanya wajibnya saja, kitapun harus menjalankan yang sunahnya,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat