Anak Asuh Mataram Belajar Tahsin dengan Gerakan Anggota Tubuh

Banyak cara melakukan perbaikan dalam membaca Alquran, salah satunya belajar tahsin. Anak asuh Rumah Yatim Cabang Mataram melaksanakan kegiatan tahsin menggunakan teknik dengan menggerakan anggota tubuh. Hal itu dilakukan untuk mempermudah anak asuh dalam mengingat teknik bacaan tajwid dengan benar.

Bertempat di Asrama Mataram, setiap hari anak asuh rutin melaksanakan tahsin setiap kali akan melaksanakan murojaah hafalan kepada Pendkes Asrama. Salma Hasanah selaku Pengurus Asrama menuturkan, apabila sedang menghafal anak-anak selalu menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah.

“Mereka belajar tahsin sambil bergerak tangannya sesuai panjang pendeknya harokat. Jadi misalkan tajwidnya panjang, maka tangannya diangkat ke atas, nah kalau harokatnya pendek, tangannya diturunin ke bawah,” jelasnya saat dihubungi via telepon.

Menurutnya, terbukti dengan menggunakan teknik tersebut, kualitas bacaan anak asuh menjadi semakin baik. Jika sebelumnya pola bacaannya masih tidak sesuai atau berantakan, maka saat ini sudah menunjukkan perbaikan yang lebih baik dari sebelumnya. Ia menambahkan, teknik tersebut diberikan salah seorang ustadz yang mengajari tahsin dan tahfidz. Agar anak mudah mengingat dalam mempelajarinya.

Ketika anak-anak sedang menghafal, maka anggota tubuhnya ikut bergerak. Kata Salma, teknik tersebut sangat berguna bagi anak-anak yang sedang memasuki tahap belajar membaca dan menghafal Alquran. Kendati demikian ia bersyukur, pelafalan anak asuh dalam membaca Alquran menunjukkan perubahan dan perkembangan yang lebih baik dari sebelumnya.

“Alhamdulillah dengan tahsin ini, anak-anak mulai memperbaiki bacaan sesuai dengan muroja’ah dan tajwidnya,” ungkap Salma.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend