Anak Asuh Mataram Doa Bersama Sebelum Mudik Lebaran

Menjelang lebaran, tradisi mudik selalu menjadi agenda tahunan bagi anak asuh. Karena mudik merupakan kesempatan yang tepat untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Minggu (2/6) kemarin, anak asuh Asrama Rumah Yatim Mataram telah dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing di wilayah NTB dan sekitarnya.

Sebelum mudik, anak-anak berdoa bersama dengan pengurus asrama. Menurut salah satu pengurus Asrama Mataram, Salma Hasanah, mudik kali ini sangat berbeda dari sebelumnya, karena anak-anak tidak mau libur mudik lebaran terlalu lama dan ingin cepat kembali lagi ke asrama.

Hal itu dikarenakan anak-anak sudah terbiasa dengan pola lingkungan hidup di asrama, di antaranya mengaji dan belajar bersama. Sehingga mereka terbiasa dengan aturan yang sudah ada.

“Awalnya ada anak yang gak mau pulang pas hari H, tapi gak kita bolehkan apapun alasannya. Semuanya harus pulang ke rumah masing-masing sebelum lebaran. Ini kan libur lebaran, momen yang tepat untuk ketemu dan kumpul sama keluarga,” jelasnya.

Ia menambahkan anak-anak akan diperbolehkan kembali ke asrama pada Selasa (11/6) mendatang. Sebelum mudik, anak-anak diberi nasihat oleh Kepala Asrama agar selalu menjaga diri dari perbuatan yang kurang baik, serta menjaga hafalannya. Serta ditutup dengan doa bersama dan bersalaman saling memaafkan satu sama lain.

Sebelum anak asuh mudik, lanjut dia, akan dilaksanakan sahur bersama di luar asrama sebagai permintaan dari anak-anak sebelum mudik. Agar mereka memiliki kenangan yang selalu diingat saat Ramadhan.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend