rumah yatim

Hari Jumat merupakan hari yang mulia. Bukti kemuliaannya, Allah SWT menakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut. Pada hari Jumat, Allah menciptakan dan mewafatkan nabi Adam, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk.

Di balik kemuliaan ini, ada beberapa amalan-amalan sunah yang mengiringinya. Salah satunya membaca QS. Al Kahfi. “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249).

Membaca QS. Al Kahfi setiap hari Jumat merupakan kegiatan wajib dan rutin bagi keluarga besar Rumah Yatim. Setiap sore sembari menunggu waktu shalat magrib, seluruh anak asuh mukim dan pengurus selalu berkumpul untuk membacanya.

Salah satu cabang Rumah Yatim yang rutin menggelar kegiatan ini adalah Rumah Yatim Cabang Monjali, Yogyakarta. Kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan bagi para pengurus dan anak asuh.

Salah satu pengurus Asrama Monjali Nuryeni menuturkan, selain rutin membaca QS. Al Kahfi, anak asuh pun rutin melakukan amalan Jumat lainnya. Di antaranya memperbanyak dzikir, memotong kuku, dan bersih-bersih.

“Alhamdulillah anak-anak sudah terbiasa melakukan kegiatan ini, semoga dengan pembiasaan ini mereka dapat memperoleh keberkahan di hari Jumat dan semoga ke depannya mereka bisa terus istiqomah menerapkan pembiasaan ini,” ungkapnya, Sabtu (7/4)

 

Di tulis oleh : Sinta Guslia Pada tanggal 2018-04-07 13:22:43

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat