Menjalankan puasa sunah Senin Kamis menjadi salah satu yang selalu dijalani anak asuh Asrama Pekanbaru. Bangun di sepertiga malam juga menjadi pembiasaan yang diterapkan asrama. Pembiasaan menjalankan puasa sunah ini diterapkan agar anak asuh terbiasa sejak dini.

Salah seorang pengasuh asrama Nursidik memaparkan, setiap pukul tiga pagi anak asuh sudah bersiap untuk menjalankan ibadah shalat malam dan membaca Alquran. Setelah itu, kata dia, sebagian anak menyiapkan hidangan sahur untuk rekannya yang lain. Sahur bersama-sama, menjadi rutinitas setiap Senin dan Kamis subuh. “Sembari membaca salah seorang anak menyiapkan santap sahur, lalu kami sahur bersama,” ujarnya.

Memberikan pembiasaan kepada anak asuh untuk menjalankan puasa sunah selalu diterapkan oleh asrama. Hal ini, karena Nursidik memberikan penyampaian kepada anak asuh agar senantiasa berusaha menjalankan sunah Rasul setiap waktu. Sehingga, kata dia, sebagai seorang muslim harus sepatutnya menjadikan Rasulullah sebagai tauladan dalam keadaan apapun.

“Puasa sunah merupakan sunah Rasulullah SAW, yang dicontohkan langsung oleh beliau,” paparnya.

Nursidik berharap, anak asuh Pekanbaru bisa lebih bersabar dalam menjalankan ibadah sunah sejak dini. Sehingga, pembiasaan sejak dini tersebut bisa menjadikan anak asuh lebih disiplin dalam menjalankan perintah Allah SWT.

“Semoga bisa menjadi kebutuhan sehingga dijalankan walaupun tanpa diperintahkan lagi,” jelasnya.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-03-26 10:30:12

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat