Anak Asuh Rawasari Kunjungi Lokasi Pengolahan Sampah Ancol

Setelah memberikan sejumlah pengetahuan seputar sampah di pekan lalu, Jakarta Osoji Club (JOC) kembali meilbatkan anak asuh Rawasari. Kali ini bertempat di pantai Ancol, anak asuh Rawasari dilibatkan dalam kegiatan bersih-bersih sampah di pantai. Kegiatan ini melibatkan pula Komunitas Wisata Panti.

Menurut pemaparan Kepala Asrama Ikin, bukan hanya bersih-bersih sampah d pantai Ancol. Anak asuh diajak untuk mengunjungi Zero Waste, lokasi pengolahan sampah yang tidak jauh dari pantai Ancol. Di lokasi tersebut anak asuh Rawasari diajarkan untuk membuat pupuk kompos dari sampah.

Pada kunjungan ini, kata Ikin, anak asuhnya sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan. Dari sinilah, anak asuhnya bisa lebih disadarkan untuk pentingnya tidak membuang sampah di sembarang tempat. Selain itu, tambah dia, anak asuh diajarkan untuk menjaga lingkungan wisata pantai Ancol. “Apalagi kita disuruh menjaga laut kita yang diberikan oleh Sang Pemilik Kehidupan ini,” papar Ikin.

Pada kunjungan tersebut anak asuh Rawasari belajar untuk memanfaatkan sampah untuk menjadi pupuk pertanian dan tanaman. Selain itu, anak asuh diperlihatkan secara langsung tumpukan sampah yang dihasilkan dari para pengunjung tepat wisata pantai Ancol.

Ia mengungkapkan, acara kunjungan ke Zero Waste tersebut sangat bermanfaat bagi anak asuhnya. Sehingga anak asuh mendapat edukasi tambahan untuk pentingnya menjaga lingkungan. Serta, cara mengolah sampah menjadi bahan yang lebih bermanfaat.

“Anak-anak sekarang tahu bahwa dari sampah saja bisa menghasilkan rupiah kalo saja kita tahu cara mengolah yang baik dan benar,” ujarnya.

Ikin berharap, dengan ikut sertanya anak asuh Rawasari dalam kegiatan tersebut bisa menambah kepedulian untuk menjaga lingkungan. Selain itu, anak asuh paham akan pentingnya menanggulangi sampah lebih dini.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-03-20 09:24:22

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend