Anak Asuh Rumah Yatim Jabar Antusias dan Gembira Meriahkan HUT ke-77 RI

Sebanyak 64 anak asuh Rumah Yatim area Jawa Barat begitu antusias mengikuti kegiatan dan perlombaan memperingati hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia.

Euforia anak-anak begitu terasa, setelah dua tahun lamanya tak bisa leluasa mengikuti berbagai kegiatan dan lomba.

Staf Direktorat Kemandirian Yatim dan Dhuafa (KYD), Kiki menuturkan, kegiatan tersebut diadakan di asrama Lodaya, Jalan Lodaya No. 91, Longkar Selatan, Kota Bandung, Rabu (17/8) kemarin. Kegiatan berlangsung dari pukul 09:00 pagi hingga pukul 17:30 WIB.

Ada beragam kegiatan dan perlombaan yang diadakan di momen tersebut, seperti, upacara bendera, pawai kemerdekaan, lomba makan kerupuk, estafet karet, bakiak, tarik tambang, barongsai, estafet tepung, balap karung, fashion show, mewarnai, menggambar dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut Kiki mengatakan, ketika pawai berlangsung, seluruh anak asuh kompak menggunakan kostum unik dan menarik. Mereka berjalan kaki di sekitaran jalan Lodaya sampai ke depan rumah sakit Muhammadiyah sembari membentangkan spanduk bertuliskan Dirgahayu Republik Indonesia ke-77 Pulihkan Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dan Merdekakan Mereka dari Putus Sekolah.

Tulisan yang berada di spanduk merupakan tema peringatan HUT Ke-77 RI dan tema acara agustusan Rumah Yatim.

“Alhamdulillah anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Menurut mereka, perlombaan seperti ini hanya dilaksanakan satu tahun sekali, sehingga momen langka ini mesti dirayakan dengan suka cita.” ujar Kiki.

Ia manambahkan, kegiatan ini di panitiai langsung oleh anak asuh tingkat SMA, mereka yang bertugas membuat tema, menyusun acara, jenis kegiatan dan perlombaan hingga jenis hadiah yang diberikan.

Pihak pengurus sengaja melibatkan anak asuh menjadi panitia acara supaya bisa melatih kreativitas anak, mengajarkan tanggung jawab dan pentingnya menyelesaikan tugas, mengembangkan kepercayaan diri, mengembangkan motorik dan melatih koordinasi visual, serta mendekatkan antar anak asuh dari asrama yang berbeda, agar ter keakraban dan kebersamaan.

Di momen semarak HUT RI ini pun, Kiki berharap anak-anak bisa meneladani semangat juang para pahlawan dalam merebutkan kemerdekaan. Salah satunya dengan giat dan semangat meraih prestasi maupun cita-cita. “Semoga lewat acara ini, anak-anak menjadi lebih mandiri, berprestasi dan berkarakter,” pungkasnya.

 

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend