Arifin Gencarkan One Day One Juz di Asrama Kaliurang dan Monjali

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf, akan tetapi, alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf”. (HR. Tirmidzi No. 2915. Dinilai shahih oleh Al Albani).

Mengetahui banyak sekali keutamaan yang diperoleh dari membaca Alquran, Manajer Area Rumah Yatim Yogyakarta Nur Arifin, menggencarkan kegiatan mengaji satu hari satu juzvatau one day one juz untuk seluruh karyawan, pengurus dan anak asuh mukimnya.

Menurut Arifin, setiap hari masing-masing dari karyawan, pengurus dan anak asuh yang berada di Asrama Kaliurang dan Monjali mengaji sesuai juz bagiannya. Dikarenakan jumlah mereka lebih dari 30 orang, maka ada beberapa orang yang mendapat bagian satu juz untuk berdua.

Biasanya yang mendapat bagian mengaji satu juz berdua itu terdiri dari ibu-ibu yang sedang mempunyai anak kecil, dan anak asuh yang usianya masih terbilang kecil.

Untuk menyelesaikan bacaannya, Arifin memberikan tenggang waktu yang cukup panjang, yakni setelah shalat tahajud sampai pukul 21.00 WIB. “Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan bacaan Alqurannya cukup panjang, jadi mereka bisa santai membacanya,” paparnya  Rabu (5/9).

Untuk laporan penyelesaian bacaan, ia telah menyerahkannya ke beberapa koordinator di masing-masing asrama.

Ia memaparkan, khusus untuk hari Kamis kegiatan one day one juz digelar serentak di Asrama Kaliurang, sembari buka bersama puasa sunah. Dikarenakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan, banyak donatur yang sudah mengetahuinya, bahkan tidak sedikit donatur yang ikut bergabung dalam kegiatan ini.

“Khusus hari Kamis, kami menyelesaikan one day one juz nya di Asrama Kaliurang, biasanya kegiatan ini selesai sampai pukul sembulan malam. Khusus di hari Kamis pun banyak donatur yang ikut bergabung bahkan ada beberapa donatur yang memberikan takjil untuk kami,” ujarnya.

Arifin berharap, kegiatan ini bisa terus berlanjut, bermanfaat dan menjadi ajang mempererat ukhuwah antara keluarga.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend