Asah Motorik Halus Siswa, TK El Fitra Gelar Cooking Class

Setiap Jumat pagi menjelang siang selalu ada pemandangan menarik di TK El Fitra (Islamic Scientific School). Di hari  tersebut seluruh anak didik kompak memakai baju memasak untuk melakukan kegiatan cooking class.

Dalam kegiatan tersebut, pihak sekolah memilih resep makanan yang mudah dan cepat dibuat, tentunya disukai oleh anak-anak.

Untuk cooking class kali ini, Jumat (30/11) kemarin, TK El Fitra memilih resep membuat bola-bola cokelat dengan bahan-bahan yang sering dijumpai oleh anak. Di antaranya, biskuit, susu kental manis, dan meses. Sehingga peserta didik tampak sangat antusias ketika membuat makanan tersebut.

“Cara membuat makanan ini sangatlah mudah, jadi anak-anak bisa membuatnya,  tentu dibimbing oleh kami selaku pengajar,” ungkap Siti Sukmawati, salah satu pengajar, Sabtu (1/12).

Sukma -sapaan akrabnya, mengungkapkan cooking class biasanya dilakukan secara berkelompok. Mata pelajaran cooking class dilakukan untuk mengasah kemampuan motorik anak, terutama motorik halus.

Selain mengasah kemampuan motorik halus, kegiatan tersebut dapat pula melatih koordinasi mata tangan, kreativitas dan jiwa seni, kemampuan bersosialisasi, konsep matematika, kemampuan bahasa, dan rasa percaya diri pada anak.

Dalam kegiatan cooking class, anak-anak belajar untuk membuat dan menyusun menu makanan sederhana. Karena tidak menggunakan alat-alat berbahaya seperti pisau atau kompor.

Usai mereka selesai membuat bola-bola cokelat, kegiatan dilanjutkan dengan menyantap bersama makanan yang sudah mereka buat. Hal ini melatih anak untuk menghargai makanan.

“Alhamdulillah anak-anak selalu antusias mengikuti kegiatan ini, mereka mengatakan akan membuat kembali makanan ini di rumahnya,” pungkas Sukma.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat