Asepson, Penjual Kerupuk Keliling di Marpoyan Damai Terima Bantuan Ibnu Sabil dari Rumah Yatim

Rumah Yatim cabang Riau memberikan program bantuan ibnu sabil kepada Asepson (65) seorang penjual kerupuk keliling di Kecamatan Marpoyan Damai, tepatnya di Jl. Arifin Ahmad, Kel. Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

Menurut pemaparan Rizky, salah satu relawan Rumah Yatim Riau, Asepson merupakan warga Palembang yang mencari peruntungan di kota Pekanbaru. Sudah 10 tahun lansia tersebut berjualan kerupuk keliling di Pekanbaru. Meskipun hasilnya tidak menentu, ia tetap semangat berjualan demi anak istrinya di Palembang.

Asepson tidak membuat kerupuk sendiri, melainkan ia membeli dari salah satu agen kerupuk untuk kemudian dijual kembali. Harga satu kerupuk dari agen ialah 1.500 rupiah, kemudian ia jual sebanyak 3.000 rupiah.

“Dalam satu hari, kakek Asepson membawa dagangannya sebanyak 50 bungkus, beliau menjualnya dari jam delapan pagi sampai menjelang shalat ashar. Dalam sehari beliau bisa menjual 10 sampai 20 bungkus kerupuk saja,” ujar Rizky, Sabtu (25/09).

Ia melanjutkan jika Asepson tinggal disebuah rumah kontrakan di wilayah Wonorejo bersama teman-temannya yang berasal dari berbagai kota. Ia melakukan hal tersebut untuk menghemat biaya kontrakan.

Setiap harinya, Asepson selalu menyisihkan sebagian dari keuntungan jualannya untuk ongkos pulang kampung. Meskipun usianya tidak muda lagi, Asepson tidak pernah menyerah untuk terus mencari nafkah.

Ketika menerima bantuan ibnu sabil, Asepson begitu sangat senang, ia mengatakan jika selama pandemi pembeli kerupuknya berkurang. Ia pun jadi kesulitan untuk mengumpulkan uang untuk pulang kampung.

“Alhamdulillah terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan bantuan ini. Semoga Allah membalas semuanya,” pungkas Asepson.

 

Sinta Guslia

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend