Asrama Arcamanik Rutin Adakan Ta’lim Subuh untuk Asah Keberanian Anak

Anak asuh Rumah Yatim Arcamanik kembali menjalani aktivitas seperti biasanya, di Asrama Arcamanik, Jalan Golf Timur No. 48, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung. Salah satunya ialah kegiatan ta’lim selepas shalat subuh.

Saat dihubungi via telepon, salah seorang pengasuh Asrama Arcamanik, Siti Nur Azizah mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengacu pemahaman anak asuh. Apalagi, penyampaian materi dan moderator seluruhnya anak asuh yang menjalankan. Ini dimaksudkan untuk memberikan ruang kepercayaan diri bagi anak.

“Setelah itu ada review hasil ta’limnya dengan cara di tulis,” papar Azizah, kepada jurnalis Rumah Yatim, Kamis (5/7).

Selain itu, untuk pengisi kegiatan ta’lim tersebut juga setiap anak asuh mendapat giliran yang berbeda setiap harinya. Diakui Azizah, persiapan ta’lim sendiri telah dilakukan oleh anak asuhnya sejak malam hari. Sejumlah sumber seperti hadits dan Alquran menjadi rujukan materi untuk ta’lim.

“Anak-anak cukup aktif ketika anak diberi peran sebagai moderator. Anak belajar mempersilakan dan memberikan kesempatan bagi yang lain untuk menyampaikan,” ujarnya.

Kegiatan ini sendiri dimaksudkan untuk membiasakan diri anak asuh agar berani. Serta, bisa melatih anak untuk menyampaikan kebaikan dan memupuk jiwa religius anak. Azizah berharap, kegiatan ini bisa membentuk generasi yang berakhlakul karimah serta memiliki keberanian untuk menyampaikan kebenaran.

“Menjadi lebih terkontrol dan mudah untuk di ajak kebaikan. Dan begitu pun dengan pengetahuan diniyahnya anak pun bertambah,” tuturnya.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-07-05 20:20:31

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend