Asrama Harkit Bentuk Karakter Anak Asuh Lewat Asmaul Husna

Membentuk karakter anak harus sedini mungkin, seperti yang dilakukan Kepala Asrama Rumah Yatim Harkit melalui rutin pembacaan Asmaul Husna setiap hari.  Hal itu dilakukan agar karakter anak asuh dapat tercermin seperti yang tercantum dalam 99 nama Allah.

Kepala Asrama Harkit, Iwan menuturkan, melalui pembacaan Asmaul Husna ini untuk membentuk karakter akhlakul karimah bagi setiap anak asuh. Dikarenakan makna dari 99 nama Allah itu bisa diaplikasikan untuk kehidupan sehari-hari, antara lain sifat pemaaf, menyayangi, mengasihi, memberi manfaat untuk orang lain dan sebagainya.

Anak asuh sudah hafal makna dari Asmaul Husna, karena setiap hari dibacakan selepas shalat subuh maupun magrib. Selain pembentukan karakter, kata dia, kegiatan ini juga sebagai pengenalan terhadap nama-nama Allah yang Maha Agung.

“Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas setiap harinya setelah kita baca Al Ma’surat. Dari Asmaul Husna ini kan anak jadi tahu, kalau nama-nama Allah itu maknanya agung,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan anak asuh dapat mengaplikasikan makna yang tersirat dari Asmaul Husna. Walaupun tidak bisa semuanya diaplikasikan, setidaknya anak asuh dapat menjalankan Hablumminnannas dan Hablumminallah  dengan lebih baik lagi. Ia berharap, anak asuh dapat lebih bersyukur lagi atas kemudahan yang diberikan Allah, terutama kasih sayang-Nya terhadap hamba yang selalu taat terhadap perintah-Nya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend