Asrama Surabaya Biasakan Anak Asuh untuk Istiqomah Baca Alquran

Lantunan ayat suci Alquran terus terdengar di Asrama Rumah Yatim Surabaya, Jalan Darmo Indah Barat LL7, Tandes, Kota Surabaya, setiap malam selepas magrib. Ayat demi ayat terus dibacakan oleh anak asuh dengan penuh penghayatan dan ketartilan. Salah satunya kegiatan tadarus yang dilaksanakan Selasa (19/2) malam.

Tadarus rutin ini pula terus berjalan di samping kegiatan keasramaan dan belajar malam anak asuh. Menurut Kepala Asrama Rumah Yatim Surabaya, Agus Kurnia mengungkapkan, anak asuhnya memang sudah rutin dan terbiasa. Biasanya anak asuh membaca surat yang sama secara bergantian.

Lewat pembiasaan ini juga, Agus selaku Kepala Asrama dan ayah dari anak asuh tersebut ingin menyampaikan bahwa setiap alat indra yang ada di tubuh kita akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Allah. Oleh karena itu, membaca Alquran setiap malam merupakan salah satu keutamaannya.

“Bahwa penglihatan kita kalau tidak dipergunakan dengan membaca ayat Allah, maka akan diminta pertanggung jawabannya,” papar Agus.

Ia menambahkan, pembiasaan ini terus dilakukan oleh anak asuh di samping kegiatan diniyah lainnya. Sejauh ini, ia berharap anak asuhnya bisa terus istiqomah dalam membaca Alquran. Di samping terus mencoba menghafal ayat demi ayat yang ada di dalamnya. “Bisa diamalkan ilmu yang sudah mereka punya terlebih ayat-ayat Allah,” ucap Agus.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend