Atasi Masalah Air Bersih, Rumah Yatim Akan Adakan Sistem IPA Mobile

Perihal penanganan kebencanaan seringkali kebutuhan air bersih sulit didapatkan para korban bencana di pengungsian. Oleh karena itu, Rumah Yatim akan mengadakan sistem IPA Mobile untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat terdampak bencana. Sistem tersebut merupakan sebuah alat instalasi pengelolaan dan pengolahan air baku atau non payau menjadi air siap minum dengan sistem mobile.

Staf Pemberdayaan Rumah Yatim Dadan Rusmana menjelaskan, sistem tersebut sangat cocok digunakan di daerah rawan krisis air dan daerah bencana. Menurut pengalamannya di lapangan saat menyerahkan bantuan, masalah utama yang dihadapi korban bencana adalah sulit mendapatkan air bersih dan air minum. Karena air merupakan kebutuhan dasar manusia.

“Jadi pas kita turun ke lokasi bencana, masalah utama sumber air bersih itu sulit didapatkan. Oleh karena itu, kita lagi mempelajari pengadaan IPA Mobile, karena sistem ini sangat simple dan fleksibel,” terangnya.

Sehingga nantinya, sambung dia, ketika ada bencana, sistem IPA Mobile ini bisa dibawa ke manapun. Karena akan bermanfaat bagi masyarakat yang sangat membutuhkan pemenuhan air bersih. Di 2019 ini, diprediksi akan terjadi banyak bencana, upaya pengadaan sistem ini merupakan upaya Rumah Yatim dalam mengantipasi penanganan bencana yang tidak bisa diprediksi kapan akan datangnya.

Dadan berharap, setiap cabang Rumah Yatim yang tersebar di 13 provinsi Indonesia bisa menggunakan sistem tersebut ketika area terdekatnya dilanda bencana. Selain itu, Rumah Yatim juga akan bekerjasama dengan lembaga pemerintah PDAM terkait pengadaan sistem tersebut.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend