Bacaan Alquran Anak Asuh Bekasi Alami Peningkatan

Sejumlah perubahan dan perkembangan bacaan Alquran terlihat dari anak asuh Rumah Yatim Asrama Bekasi. Kegigihan dalam belajar dan rutin menjadi modal utama bagi anak asuh untuk mendapatkan hasil tersebut. Berkembangnya anak asuh merupakan salah satu hasil dari kegiatan murojaah yang diterapkan di Asrama Rumah Yatim Bekasi.

Menurut penjelasan Kepala Asrama Rumah Yatim Bekasi, Yayan, kegiatan murojaah dilakukan sesuai tingkatan hafalan anak. Pada kegiatan ini, anak asuh akan mengulang kembali bacaan dan hafalannya. Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga didukung dengan bimbingan dari guru tahsin.

“Sambil dibimbing kembali jika ada makhroj atau tajwid yang salah,” ujarnya.

Di samping itu semua, kata Yayan, anak asuhnya semakin mengalami perkembangan. Baik dari segi hafalan maupun bacaan yang sesuai dengan aturannya. Kegiatan murojaah tersebut dilaksanakan setiap ba’da magrib dan setelah subuh.

“Alhamdulillah ada yang sudah hafal cepat. Ada juga yang lambat, tapi itu terus diulang-ulang,” tuturnya.

Ia menambahkan, ada dua metode yang diterapkan kepada anak asuhnya. Pertama ialah metode manzil dengan tiga cara. Biasanya metode tersebut dilaksanakan setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Sedangkan metode kedua ialah sabqi, biasanya Senin hingga Jumat selepas ba’da subuh dan magrib.

Kendati demikian, Yayan berharap dengan tekunnya anak menghafal sejak dini bisa membentuk karakter diri masing-masing. Hal ini dikarenakan, pendidikan Alquran akan menjadi bekal bagi generasi mendatang.

“Dengan pendidikan Alquran akan menjadi generasi yang tidak hanya cerdas saja, tapi juga mengetahui dasar-dasar agama,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend