Bangga, Tiga Pengajar TK El Fitra Juara 1 Lomba Buat APE

Tiga pengajar TK El Fitra (Islamic Scientific School) yakni Idharul Syahadah, Ira Raswati dan Maryam Sari berhasil meraih juara pertama lomba pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) tingkat Jawa Barat yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMPS PIAUD) UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Perlombaan ini digelar pada Minggu (18/3) lalu, namun pengumuman lomba tersebut diumumkan pada Kamis (22/3).

“ Alhamdulillah, akhirnya kerja keras dan kerjasama kami membuahkan hasil yang baik,” ungkap salah satu pengajar Ira.

Ia mengungkapkan, perlombaan ini digelar secara online. Para peserta lomba wajib mengirimkan video berisi presentasi karya mereka ke email panitia. “Saat itu kami mengirimkan video berjudul smart activities box, sesuai dengan nama APE kami. Alhamdulillah karya kami yang sederhana ini mendapat poin tertinggi dari ratusan peserta lainnya,” kata Ira.

Ia pun memaparkan, keunggulan dari APE ini terbuat dari alat dan bahan yang 80 % dari barang-barang bekas dan mudah didapatkan. Di antaranya, kardus, kain flanel, kain bludru, kain bulu, resleting baju, kancing, talikur, benang jahit, manik-manik mutiara, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, keunggulan dari APE ini pun sangatlah banyak. Pada APE yang berbentuk kotak menyerupai rumah-rumahan ini terdapat empat sisi permainan yang dapat melatih kemampuan motorik dan kognitif anak.

“APE ini pun dapat dimainkan oleh empat anak secara bersamaan, dalam satu alat ini empat anak dapat berinteraksi bersama, bermain peran serta melatih kemampuan anak dalam bekomunikasi dan bersosialisasi,” paparnya.

Di akhir wawancaranya, Ira berharap APE ini bisa menjadi manfaat besar untuk anak, khususnya anak didik TK El Fitra dan menjadi inspirasi untuk para pengajar lainnya.

 

Di tulis oleh : Sinta Guslia Pada tanggal 2018-03-22 12:53:41

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend