Bantu Kebutuhan Belajar Daring, Rumah Yatim Beri Beasiswa Bagi Puluhan Siswa di Tarakan

Minggu (20/9) kemarin, Rumah Yatim cabang Tarakan menyalurkan bantuan beasiswa dhuafa untuk 48 siswa prasejahtera, di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Bantuan ini diberikan untuk membantu kebutuhan pendidikan anak-anak tersebut, yang saat ini terdampak pandemi, seperti membeli kuota internet untuk menunjang kebutuhan belajar di rumah.

Kepala cabang tarakan, Rahmat menuturkan, penerima manfaat tersebar di Kecamatan Tarakan Barat 28 siswa dan Tarakan Timur 20 siswa, dari jenjang SD dan SMP. Menurutnya, Kondisi pandemi saat ini yang berdampak secara global juga mempengaruhi kondisi perekonomian orang tua siswa penerima manfaat.

Ia menambahkan, saat ini siswa telah menjalani sistem belajar daring namun dengan cukup banyak hambatan. Hambatan terbesar merupakan mayoritas keluarga siswa tidak memiliki perangkat belajar online untuk mengikuti sistem belajar daring. Biaya internet yang cukup mahal juga menjadi beban tambahan orang tua dalam membimbing anak di sistem belajar daring.

“Kendala anak anak dalam belajar online adalah alat komunikasi berupa handphone, banyak orang tua yang mengeluhkan tak punya handphone terpaksa harus pinjam,” ungkap Rahmat

Bahkan kata dia, ada satu keluarga adik kakak yang hanya punya satu handphone jadi harus bergantian, belum lagi harga kuota data yang mahal bagi orang tua mereka yang berpenghasilan pas pasan sangat memberatkan.

Kendati demikian, Rahmat berharap dengan disalurkannya bantuan beasiswa dhuafa ini akan membantu meringankan beban orang tua siswa di masa pandemi serta menambah semangat belajar anak untuk menuntut ilmu.

 

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend