Bantu Kembangkan Usaha Pedagang, Tiga Gerobak Disalurkan Rumah Yatim

Meski telah lanjut usia, dan gerobak yang digunakan sudah usang serta tidak layak pakai. Hal iti tidak menyurutkan semangatnya yang tinggi dalam menafkahi keluarga. Mereka adalah tiga mustahik tangguh yang setiap hari berjualan dari pagi hingga petang demi menyambung hidup dari hari ke hari. Kondisi tersebut membuat Rumah Yatim Area Jawa Barat tergerak untuk memberikan bantuan gerobak kepada tiga pedagang kecil, Kamis (29/11) lalu.

Kasie Pemberdayaan Area Jawa Barat, Solehudin menuturkan, penyerahan bantuan tersebut untuk membantu mengembangkan ekonomi mereka agar menjadi pelaku ekonomi produktif di.kemudian hari. Selain itu untuk meningkatkan taraf hidup keluarga mustahik agar kesejahteraan bisa tercapai.

Ia menambahkan, penerima bantuan gerobak itu terdiri dari penjual es cendol di wilayah Ujung Berung, penjual mainan anak di sekitar kantor Pusat Rumah Yatim Antapani, dan penjual batagor di Jalan Cingised, Kelurahan Cisaranten, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Sebelumnya tim telah melakukan assessment terhadap kondisi ketiga mustahik tersebut. Menurutnya kondisi mereka layak untuk dibantu.

“Kami udah survei, hasilnya memang layak dibantu karena kita ingin lingkungan yang ada dekat Rumah Yatim, khususnya untuk daerah Kota Bandung bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat prasejahtera,” jelasnya.

Penyerahan bantuan tersebut, kata dia, disambut antusias oleh para mustahik. Gerobak itu sangat berarti bagi mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan agar bisa memperbaiki kehidupannya bersama keluarga. Kondisi ekonomi yang berada di garis prasejahtera membuat ketiga mustahik itu tidak mampu membeli gerobak yang baru. Meski telah usang, tak membuat mereka menyerah dalam keterbatasan.

Adanya bantuan gerobak ini, diharapkan dapat meningkatkan penghasilan ketiga mustahik itu untuk tetap semangat berjualan. Agar ke depannya nanti, hasil dari usahanya itu, dapat menjadikan para mustahik ini menjadi muzzaki yang bisa berzakat membantu mustahik lainnya.

“Mudah-mudahan dengan gerobak baru ini dapat meningkatkan dagangan mereka, serta lancar dalam menjalankan usahanya,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat