Bantu Masyarakat Prasejahtera, Rumah Yatim Beri Layanan Kesehatan Gratis

Kesehatan menjadi hal yang utama bagi setiap orang. Kemampuan untuk berobat ketika sakit terkadang menjadi hambatan dan kesenjangan di sejumlah lapisan masyarakat. Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim Area Jawa Barat mengadakan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat kurang mampu. Pelaksanaan kegiatan tersebut digelar di Dusun Cibitung, Desa Sukasari, Kecamatan Tembaksari, Kabupaten Ciamis, Minggu (29/7).

Menurut Kasie Pemberdayaan Rumah Yatim Area Jawa Barat, Solehudin, program layanan kesehatan gratis ini direalisasikan dari tinjauan tim relawan sebelumnya. Salah satunya, jauhnya fasilitas kesehatan untuk menunjang kesehatan masyarakat dari lokasi tersebut. Di samping itu, banyaknya lansia dan masyarakat kurang mampu menjadi rujukan utama yang diterima Rumah Yatim dari pemerintah setempat.

Sejak dibukanya posko kesehatan Rumah Yatim di pagi hari, puluhan lansia dan masyarakat prasejahtera mendatangi lokasi. Satu persatu masyarakat memeriksakan diri dan berkonsultasi ke dokter Rumah Yatim. Bahkan, tidak sedikit masyarakat mengeluhkan penyakit, di antaranya kolesterol, gula darah, asam urat, serta penyakit lainnya.

“Lewat bantuan ini, kami berharap bisa sedikit membantu kesehatan masyarakat,” ujar Solehudin.

Ia juga berharap, bantuan layanan kesehatan gratis tersebut bisa secara langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bahkan, lewat kegiatan itu juga masyarakat bisa mendapat pertolongan. Agar, bisa melaksanakan kegiatan harian dengan sehat dan semangat. Apalagi saat ini, kata Solehudin, cuaca yang tidak menentu mengakibatkan gampangnya terkena penyakit.

“Harapannya bisa membantu hal itu juga untuk di daerah lain. Agar, Rumah Yatim bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas,” ungkapnya.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-07-30 17:18:10

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend