Bantu Pengobatan Warga Panyileukan, Rumah Yatim Gelar Layanan Kesehatan Gratis

Rumah Yatim Area Jawa Barat membantu pengobatan ratusan masyarakat prasejahtera melalui bantuan layanan kesehatan gratis. Kegiatan ini digelar di Kampung Pangaritan Utara RT 01 RW 07, Kelurahan Cipadung Kulon, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Kamis (21/2).

Sebanyak 300 warga setempat memanfaatkan layanan kesehatan gratis ini. Mereka berbondong-bondong memadati area posko pengobatan Rumah Yatim untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu, kata Solehudin selaku Kasi Pemberdayaan Rumah Yatim Jabar, momen ini juga dimanfaatkan warga untuk berkonsultasi dengan dokter. Agar mendapatkan solusi kesehatan dan pengobatan yang baik.

“Ini rekomendasi dari manajemen bahwa di sana banyak warga menengah ke bawah Alhamdulillah Rumah Yatim bantu dari segi layanan kesehatan gratis ini dengan lengkap,” ungkapnya.

Ia menambahkan, layanan ini diberikan atas kerjasama dengan Puskesmas setempat dan RW sekitar. Karena di wilayah tersebut mayoritas masyarakatnya tergolong tidak mampu atau termasuk kategori menengah ke bawah. Sehingga untuk berobat masih sulit dilakukan karena keterbatasan biaya.

Bahkan menurut salah seorang warga, layanan kesehatan Rumah Yatim lengkap, karena ada dokter, perawat serta apoteker. Jika sebelumnya pernah ada layanan kesehatan dari instansi lain hanya sekadar memberikan penyuluhan tanpa ada pengobatan.

“Lewat dokter yang dihadirkan di kegiatan ini, warga bisa konsultasi dan dikasih obat juga. Alhamdulillah mereka senang dan antusias,” imbuhnya. Mayoritas lansia yang memanfaatkan kegiatan ini untuk memeriksakan penyakitnya. Di antaranya penyakit asam urat, gula darah, dan kolesterol. Kendati demikian, bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi ratusan warga.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend