Bantuan Alquran Disalurkan Rumah Yatim untuk TPQ Al Kautsar

Pada Rabu (15/8) sore, Rumah Yatim Cabang Tegal sukses mendistribusikan bantuan 15 buah Alquran terjemah yang dilengkapi penjelasan tajwid di TPQ yang beralamat di Desa Karangmulya RT 04 RW 05, Suradadi, Tegal.

Proses penyerahan bantuan berlangsung dramatisir. Dimulai dari penyambutan tim Rumah Yatim yang meriah oleh teriakan anak-anak, tangis haru ustadz Winaryo selaku pembimbing anak-anak ketika menerima bantuan, sampai senyum sumringah anak-anak tatkala tahu bahwa TPQ-nya sudah mempunyai Alquran baru dan bagus.

“Alhamdulillah senang sekali melihat ekspresi anak-anak yang kegirangan setelah mengetahui tempat ngajinya punya Alquran baru. Saking senangnya, secara bergilir mereka memegang dan melihat-lihat isi Alquran tersebut,” papar Jajang Khoeruman, Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal, Kamis (16/8).

Ia mengatakan, jika kondisi Alquran di TPQ tersebut sangat mengkhawatirkan, dimana Alquran disana sudah lusuh dan rusak. Namun, kondisi tersebut tidak sama sekali melunturkan semangat anak-anak untuk terus belajar dan membaca Alquran. Kedua hal ini menjadi alasan Rumah Yatim menyalurkan bantuan di TPQ ini.

Jajang berharap, dengan bantuan ini bisa semakin menambah semangat anak-anak belajar mengaji dan bisa menjadi keberkahan untuk Rumah Yatim, donatur dan TPQ Al Kautsar.

Selain menyalurkan bantuan Alquran, Rumah Yatim pun menyalurkan bantuan seragam sekolah kepada 88 anak didik terpilih di TPQ tersebut.

Kondisi TPQ Al Kautsar sangatlah memprihatinkan. Ukuran TPQ ini hanya 4 x 3 meter, tidak sebanding dengan banyaknya anak didik yang mencapai 125 anak. TPQ ini hanya beralaskan karpet kumal, berdinding tembok lusuh, rak Alquran yang reyot, Alquran rusak termakan usia dan TPQ ini masih menggunakan papan tulis kapur sebagai media pembelajaran. Sudah 23 tahun tepatnya di tahun 1995 pesantren ini didirikan, namun sampai saat ini belum ada perbaikan sama sekali.

Agar TPQ ini tetap berdiri kokoh sehingga anak didiknya bersemangat dan terus belajar. Rumah Yatim Tegal berupaya  membantu dengan menggalang dana di platform kitabisa.com dan di donasi online Rumah Yatim. Diharapkan aksi ini  dapat disambut baik masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Tegal.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend