Bantuan Biaya Hidup Diberikan Bagi Masyarakat Prasejahtera di Penjalin

Puluhan orang prasejahtera di Desa Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara menerima santunan biaya hidup yang disalurkan oleh Rumah Yatim Cabang Mataram, Minggu (18/11). Meski warga sudah bisa kembali beraktivitas, namun dari segi ekonomi tidak menunjukkan perubahan. Oleh karena itu, bantuan ini sangat dinantikan warga.

Sebanyak 25 kepala keluarga dan anak yatim telah menerima bantuan tersebut dengan penuh suka cita. Relawan Rumah Yatim, Salma Hasanah menuturkan, sebelumnya Rumah Yatim mendapat informasi langsung via telepon bahwa ada warga setempat yang menghubungi call center Rumah Yatim untuk meminta bantuan, mengingat di daerah tersebut terbilang pedalaman yakni daerah pegunungan.

“Ada warga setempat yang sempat lihat media sosial Rumah Yatum, terus mereka coba-coba menghubungi call center, dan katanya responnya cepet gaksampai berminggu-minggu. Kita juga langsung assessment dan ternyata layak untuk dibantu,” jelasnya kepada jurnalis Rumah Yatim.

Menurut pantauannya, memasuki musim hujan ini, tenda yang ditempati oleh masyarakat setempat banyak yang berlubang. Sehingga ketika hujan mengguyur, dalam sekejap air hujan pun masuk ke tenda membasahi yang ada di dalamnya. Kondisi yang memprihatinkan itu, Rumah Yatim juga memberi dua buah tenda untuk digunakan warga setempat yang membutuhkan tempat tinggal sementara.

Kemudian untuk memenuhi kebutuhan dasar pun warga mengalami kesulitan. Dampak gempa bukan hanya menghancurkan rumahnya, tetapi juga sumber penghasilan warga menjadi hilang yang sebagian besar bekerja sebagai pedagang. Sehingga untuk makan pun hanya seadanya.

Kendati demikian, Salma berharap bantuan itu bisa meringankan beban warga yang tengah mengalami kesulitan. Baik dari segi infrastruktur maupun dari segi ekonomi. Oleh karena itu, bantuan dalam program lain sangat dinantikan warga. “Semoga warga tetap semangat dan kuat menjalani cobaan ini,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend