Bantuan Disalurkan Rumah Yatim Ke Lombok Tengah

Masih banyaknya wilayah terdampak gempa yang belum tersentuh bantuan, membuat Rumah Yatim Cabang Mataram NTB tergerak untuk memperluas jangkauan bantuan. Sejumlah bantuan disalurkan Rumah Yatim kepada para korban gempa, di Desa Selebung, Dusun Sapit, Kecamatan Batu Keliang, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (12/9).

Perluasan bantuan ini agar masyarakat yang jarang menerima bantuan merasakan kebahagiaan karena masih ada yang memerhatikan mereka. Sejumlah bantuan berupa paket sembako, baju layak pakai, paket MCK dan paket perlengkapan bayi telah disalurkan kepada 40 kepala keluarga yang mendiami posko pengungsian.

Menurut pantauan relawan di lapangan, Huda, kondisi lingkungan pasca gempa, sebanyak 78 unit rumah hancur rata dengan tanah akibat gempa. Sehingga ratusan warga harus mengungsi meninggalkan dusunnya.

“Banyaknya rumah yang runtuh, membuat warga tidak memiliki tempat tinggal. Bahkan masih ada yang ketakutan. Posko pengungsian adalah tempat yang aman untuk sementara waktu,” terangnya.

Selain itu, kondisi masyarakat pun, kata dia, masih mengalami trauma mendalam. Bayangan akan gempa berskala besar masih membekas dalam benak masyarakat. Oleh karena itu, setiap penyaluran, Rumah Yatim juga turut memberikan bantuan trauma healing untuk mengembalikan kepercayaan mereka agar segera bangkit dari musibah dengan memulai kehidupan yang baru.

“Mereka sangat berterima kasih pada kita (Rumah Yatim) atas bantuannya, terutama trauma healing yang diberikan oleh relawan,” ungkapnya, saat dihubungi, Kamis (13/9).

Huda berharap, setelah diberikannya bantuan ini, dapat memulihkan kondisi masyarakat kembali normal. Sehingga dapat beraktivitas kembali seperti semula.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend