Bantuan Domba Ubah Mustahik Jadi Pelaku Ekonomi Produktif

Dulu kehidupannya berada di bawah garis kemiskinan. Upah hasil menyambit rumput yang didapat hanya 30 ribu perhari. Upah tersebut untuk menghidupi keenam anak dan istrinya. Kini kehidupannya telah berubah ketika Rumah Yatim memberi bantuan hewan ternak berupa dua ekor domba untuk dikembangbiakkan.

Dia adalah Otang (52), warga Kecamatan Leles, Kabupaten Garut yang kini menjadi pelaku ekonomi produktif. Sudah hampir dua tahun, ia mengembangbiakkan hewan ternaknya menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Ia bersyukur bantuan dari Rumah Yatim ini membawa perubahan ekonomi yang semula terpuruk menjadi lebih baik.

“Sebelum ada domba, cuma ngandelin ngarit rumput saja. Sekarang Alhamdulillah ada domba yang sudah beranak, jadi lumayan bisa berkembang untuk makan dan jajan anak,” terangnya.

Ia menyebutkan, dua domba yang diberikan Rumah Yatim itu, kini telah beranak banyak. Hingga pantauan tim Rumah Yatim saat mengunjunginya, pada Selasa (4/12) lalu, ada sekitar 20 ekor domba. Dari jumlah tersebut, ia bersyukur bisa membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan dengan memberikan hasil ternak dombanya untuk dikembangbiakkan lagi.

Sebelumnya, ia mengaku belum pernah melakukan ternak domba. Namun bantuan domba tersebut kini telah mengubah kondisi ekonominya menjadi meningkat. Sehingga ia bisa mandiri dalam mengembangkan usahanya.

Meski demikian, ia berharap ke depannya bisa terus membantu masyarakat lainnya dengan menjadi bagian dari perubahan status ekonomi masyarakat yang semula berada di garis kemiskinan menjadi pelaku ekonomi produktif.

“Insya Allah saya bisa membantu yang lain dengan domba ini. Terima kasih sudah dibantu. Insya Allah saya bisa jadi muzzaki untuk membantu yang lain,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend