Bantuan Ibnu Sabil Diberikan Bagi Gharimin di Sekitar Asrama Tegal

Bantuan Ibnu Sabil Diberikan Bagi Gharimin di Sekitar Asrama Tegal

Salah seorang gharimin yang tinggal di sekitar Asrama Rumah Yatim Tegal, yang terjerat hutang rentenir, mendatangi Kantor Kas Rumah Yatim Cabang Tegal untuk meminta bantuan, pada Jumat (29/11) lalu. Dia adalah Widiastuti, yang terjebak hutang rentenir sejak beberapa tahun yang lalu. Kondisi ekonominya serba kekurangan, setiap hari ia dan suaminya berjualan cilok keliling menggunakan roda agar bisa makan dan melunasi hutangnya.

Namun bunga yang terus bertambah dan tidak kunjung lunas, membuat pasangan suami istri ini putus asa. Atas kondisi itu, tim Rumah Yatim Tegal memberikan bantuan program ibnu sabil, untuk membantu melunasi hutangnya.

Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal, Jajang Khoeruman menuturkan, gharimin adalah salah satu dari delapan asnaf penerima zakat, jadi layak untuk menerima bantuan tersebut. “Katanya setiap hari ada yang nagih, sedangkan pemasukannya sedikit. Akhirnya dia ke kantor minta bantuan dan kebetulan ada program ibnu sabil jadi kita beri bantuan ini,” terangnya.

Kepada tim Rumah Yatim, Widiastuti bercerita, bahwa dahulu ketika meminjam uang kepada rentenir dalam kondisi yang terdesak dan tidak ada pilihan lain. Uang itu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan modal usahanya. Meskipun hutangnya tidak terlalu besar namun bunganya terus beranak. Sehingga lama kelamaan merasa putus asa, karena hutang yang tidak kunjung lunas.

Jajang menambahkan, pemberian bantuan ini juga sebagai bentuk perhatian Rumah Yatim kepada mustahik zakat yang membutuhkan bantuan. Ia berharap, bantuan ibnu sabil yang diberikan ini mampu melunasi hutangnya serta meringankan beban ekonominya.

 

 
Jurnalis: Dila Nurfadila
Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend