Bantuan Peralatan Kebersihan Dibagikan untuk Korban Banjir Konawe Utara

Kondisi kesehtan dan kebersihan korban banjir di Kabupaten Konawe Utara mulai membaik. Namun, sisa air banjir masih cukup terasa di jalan-jalan utama serta rumah warga yang masih bertahan. Salah satunya lumpur sisa banjir masih menggenangi daerah Desa Laronanga, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Senin (24/6).

Menurut relawan Rumah Yatim, Deni Rustandi, para korban termasuk yang masih bertahan saat ini mulai krisis air bersih. Bahkan, rumah yang ditinggalinya terlihat berantakan dan kotor. Karena minimnya alat pembersih dan bantuan yang masuk ke desa tersebut. Melihat kondisi itu, kata dia, Rumah Yatim memberikan bantuan peralatan kebersihan dan kesehatan.

“Sangat minim alat-alat untuk bersih-bersihnya karena akses juga cukup jauh untuk membeli, masyarakat hanya bertahan dan mengandalkan bantuan,” kata Deni.

Selain itu, bantuan yang diberikan pula untuk menjangkau kebutuhan kebersihan masyarakat utamanya untuk anak-anak. Apalagi, terlihat di tempat tersebut terdapat belasan anak yang masih di bawah umur. Hal itu, sambung Deni, sangat rentan terkena penyakit jika tidak diberikan bantuan kebutuhan kebersihan.

“Di sini juga sudah ada posko kesehatan dari beberapa relawan, bantuan ini kami berikan untuk mendukung secara perlengkapannya,” ungkapnya.

Rasa trauma juga, tambah Deni, masih dirasakan oleh masyarakat pasca dua pekan banjir bandang yang hampir meratakan sejumlah daerah di Konawe Utara tersebut. Hal itu terlihat saat hujan turun beberapa warga terlihat panik.

“Rasa trauma masih ada terutama bagi ibu-ibu dan lansia di sini mereka panik saat hujan dan lari,” kata Deni.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend