Bantuan Rumah Yatim Kembalikan Keceriaan Korban Gempa

Raut wajah bahagia dan ceria menjadi pemandangan awal saat kedatangan tim Rumah Yatim Cabang Mataram NTB menyalurkan bantuan sembako dan trauma healing bagi ratusan warga korban gempa, di Dusun Selebung 2, Desa Selebung, Kecamatan Batu Keliang, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (12/9). Bantuan tersebut sebagai wujud perhatian Rumah Yatim dalam mengembalikan keceriaan.

Minimnya bahan kebutuhan pokok di wilayah tersebut, membuat Rumah Yatim tergerak untuk menyalurkan sejumlah bantuan berupa paket sembako, paket MCK, dan paket perlengkapan bayi. Relawan Rumah Yatim, Huda menyebutkan, sebanyak 50 kepala keluarga menerima bantuan tersebut.

Berdasarkan hasil pantauannya, 37 unit rumah runtuh dan retak sehingga tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, bantuan yang disalurkan untuk bantu meringankan beban yang sedang dialami oleh para warga, agar bantuan tersebut mengembalikan senyum kegembiraan bagi ratusan warga.

Sedangkan, kondisi masyarakat sekitar masih merasa takut untuk kembali ke rumahnya, walaupun tidak semua rumah warga dalam kondisi rusak parah dan hanya retak sedang, masyarakat enggan untuk kembali. Karena gempa susulan yang bertubi-tubi membuat warga mengalami trauma yang membekas dalam benak dan memilih tetap tinggal di pengungsian.

“Karena warga masih trauma, maka kita beri trauma healing untuk mengembalikan pemahaman dan kepercayaan diri mereka,” terangnya.

Kendati demikian, ia berharap bantuan ini dapat mengembalikan keceriaan mereka dari rasa trauma. Terutama pada anak-anak yang suatu saat nanti akan tumbuh dewasa, dikhawatirkan akan menjadi bayang-bayang yang menakutkan hingga dewasa nanti.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend