Bantuan Rumah Yatim untuk Korban Bencana Kebakaran TPA Punggur Batam

Jumat (19/2) siang tadi, tim relawan Rumah Yatim Cabang Batam berangkat menuju lokasi kebakaran TPA Punggur, RW.23, Teluk Waheng, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Tim relawan berangkat untuk menyalurkan bantuan kebencanaan berupa bantuan bahan pokok, air mineral, serta bantuan kelengkapan alat kesehatan, seperti masker.

Kebakaran di TPA Punggur sudah terjadi sejak Selasa (16/2) lalu dan hingga kini pihak pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan kobaran api. Kobaran api sulit dipadamkan karena banyaknya sampah plastik kering serta kandungan gas metan di tumpukan sampah. Petugas pemadam kebakaran juga kesulitan menjangkau titik-titik api dengan alat pemadam.

Septian Januar, Kepala Cabang Rumah Yatim Batam, menyampaikan, kondisi terkini warga sementara di evakuasi ke wilayah hutan kosong setempat karena asap tebal yang menyulitkan pernapasan.

“Kami harus menggunakan masker berlapis karena tebalnya asap yang mengganggu pernapasan, asap ini juga menyebabkan perih di bagian mata, warga juga di evakuasi karena khawatir asap kebakaran dapat menyebabkan penyakit pernapasan dalam jangka panjang”, terang Septian.

Septian juga menyampaikan, warga yang menerima bantuan sangat berterima kasih kepada Rumah Yatim dan Donatur atas bantuan yang hari ini dapat disampaikan oleh tim relawan.

“Warga menyampaikan sangat terbantu dengan bantuan yang kami salurkan siang ini. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terdampak serta dapat dipergunakan dengan baik oleh warga”, tutup Septian.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend