Bantuan Sarana MCK Disalurkan Rumah Yatim untuk Keluarga Dhuafa di Namu Ukur

Bantuan sarana MCK disalurkan Rumah Yatim Cabang Medan kepada puluhan keluarga dhuafa di Dusun Lau Beng Keledeh, Kelurahan Namu Ukur Selatan, Kecamatan Sei Binjai, Kabupaten Namu Ukur, pada Sabtu (15/6) lalu. Bantuan itu diserahkan kepada 30 keluarga dhuafa. Hal ini sebagai upaya membantu memenuhi kebutuhan MCK warga, agar bisa merawat lingkungannya tetap bersih.

Menurut pantauan relawan Rumah Yatim Medan, Taufik, kondisi para keluarga dhuafa ini sangat memprihatinkan. Kondisi masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan membuat mereka kurang memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Faktor ekonomi yang membuat para warga kurang sadar dan peduli akan pola hidup sehat.

“Jadi di satu dusun itu kita kasih bantuan sarana MCK. Supaya mereka bisa sadar, walaupun tinggal di gubuk-gubuk, kebersihan harus tetap diperhatikan,” paparnya.

Selain itu, ia menambahkan daerah tersebut terbilang sangat pelosok. Saat tim relawan menyambangi dusun itu telah menempuh waktu perjalanan hingga dua setengah jam. Ditambah sangat minim penerangan. Hampir semua warga menempati rumah yang sudah tidak layak huni. Sedangkan rumah yang sudah layak huni hanya kurang dari sepuluh rumah.

Adapun bantuan ini diserahkan secara door to door atau home visit, agar tim relawan bisa mengetahui secara langsung kondisi rumah para warga. Lewat bantuan ini, ia berharap bisa menyadarkan masyarakat setempat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, agar bisa hidup dengan nyaman.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend