Bantuan Sembako Dibagikan untuk Ratusan Masyarakat Prasejahtera di Kersikan

Rumah Yatim Cabang Surabaya berbagi kebahagiaan dengan ratusan masyarakat prasejahtera di Kampung Kersikan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Senin (18/3) kemarin. Kegiatan tersebut berupa pembagian sembako gratis untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Menurut pemaparan Kepala Cabang Rumah Yatim Surabaya, Agus Muhammad Yusuf, penerima manfaat sendiri dari kalangan buruh tani, pekerja bangunan, dan lansia yang sudah tidak bekerja. Seluruhnya, kata dia, 130 mustahik kemarin bisa merasakan manfaat sembako tersebut.

Pemilihan lokasi itu sebelumnya dikarenakan warga merupakan korban terdampak banjir beberapa waktu lalu. Hal itulah, sambung Agus, yang menggerakan hari relawan untuk memberikan bantuan sembako. Apalagi, seluruh mata pencarian warga sebagian besar habis oleh dampak banjir tersebut.

“Karena mata pencaharian mereka rata-rata habis sama banjir dari luapan sungai,” paparnya.

Ia menambahkan, saat ini warga hanya bisa melakukan pekerjaan seadanya pasca banjir tersebut. Tanah sawah garapan warga harus dimulai dari awal lagi karena banjir meratakan seluruh lahan. Namun, kata Agus rasa was-was juga masih menghampiri sebagian warga adanya banjir susulan yang menerjang lahan garapan mereka.

Harapannya, sambung Agus, para penerima manfaat tersebut bisa terbantu secara ekonomi hariannya. Selain itu, bisa menjadi penyuntik semangat agar terus melaksanakan kegiatan bertani. Kegiatan ini juga, kata dia, merupakan upaya realisasi zakat dari donatur yang diamanahkan kepada Rumah Yatim.

“Saya berharap mereka bisa secepatnya pulih kembali bisa bekerja lagi dan bisa buruh tani lagi, bantuan juga semoga menjadi mereka bahagia, senang menerimanya dan mereka bisa tersenyum,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend