Bantuan untuk Ernawati, Lansia yang Seorang Diri Hidupi Keempat Cucunya

Rumah Yatim Cabang Riau pada hari Selasa (27/4) ini, menyalurkan bantuan bahan pokok untuk Ernawati (65) dan keempat cucunya.

Ernawati bersama keempat cucunya tinggal di bangunan yang ia sewa dengan harga Rp.380.000,- per bulannya, di wilayah Jalan Kamboja, RT.01/RW.03, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Sejak 12 tahun lalu, Ernawati telah menghidupi keempat cucunya seorang diri, karena ayah mereka meninggal dunia, sedangkan sang ibu memilih menelantarkan mereka.

Sehari-hari, Ernawati bekerja sebagai pengumpul barang bekas. Penghasilan beliau seharinya tak lebih dari Rp.60.000,- per bulan, tergantung dari naik-turunnya harga barang bekas. Beliau berangkat untuk mencari barang bekas pada pukul 08.00 dan pulang setelah adzan dzuhur, setelah itu beliau melanjutkan lagi dari pukul 13.00 hingga selepas adzan ashar.

Dua dari empat cucu Ernawati juga selalu membantu sang mencari uang. Cindi (15), cucu pertama Nenek sudah berjualan sejak 3 tahun lalu berjualan koran bersama sang adik, Geby (13), ia tak melanjutkan sekolahnya yang kala itu berada di jenjang kelas 5 SD karena tak punya biaya.

Sedangkan Geby, kini berada di jenjang kelas 3 SD, dan Riski (11), cucu ketiga Ernawati berada di jenjang kelas 4 SD. Cucu terkahir Nenek bernama Rafael (8) dan kini belum masuk sekolah.

Geby dan Riski seharusnya bersekolah secara online, namun karena tidak memiliki telepon genggam untuk mengikuti kelas online, guru mereka menyarankan untuk tetap ke sekolah mengambil soal untuk mereka belajar.

Hasil dari berjualan koran dan mengumpulkan barang bekas seringkali tak bisa mencukupi kebutuhan keluarga Ernawati. Bantuan yang disalurkan Rumah Yatim kali ini diharapkan dapat memberi keringan untuk Ernawati, juga memberikannya semangat untuk terus berjuang.

“Semoga bantuan ini juga bisa membukakan pintu berkah untuk kita semua”, tutup Rizky, relawan Rumah Yatim.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend