Bekerja Keras Biayai Keluarganya, Sumiati Terharu Ada Bantuan Rumah Yatim

Bekerja Keras Biayai Keluarganya, Sumiati Terharu Ada Bantuan Rumah Yatim

 

Sumiati (57), perempuan paruh baya itu begitu terharu saat Rumah Yatim mendatangi kediamannya di RT 39 Dusun 1, Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan untuk memberikan bantuan pada Selasa (28/4) kemarin.

Di usianya yang sudah tidak lagi muda, ia masih harus bekerja keras menjadi tulang punggung keluarga untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dan cucunya. Sejak ditinggal meninggal oleh suaminya pada 5 tahun yang lalu, kini Sumiati harus berjuang sendiri untuk membiayai hidup keluarganya.

“Ada 5 anak yang saya tanggung, 4 anak saya dan 1 cucu saya. Satu anak saya yang sudah menikah tapi suaminya pergi ke Sulawesi, ada kabar meninggal di sana,” tuturnya.

Isak tangis air mata terus keluar saat Sumiati bercerita kepada tim Rumah Yatim, seakan ingin memberitahu betapa berat beban yang sudah lama ia pikul sendiri. Dengan bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan mendapat upah Rp 100 ribu perminggu, uang tersebut ia gunakan untuk keperluan biaya sekolah dan makan anak cucunya.

“Anak masih SMP Kelas 2. Setiap hari Dia jalan kaki ke sekolah. Sudah pasrah, karena sekarang tidak ada biaya lagi, saya minta mungkin akan berhenti dulu sekolahnya, karena Emak (ibu) sudah tidak punya biaya lagi,” ungkapnya

Di tengah kondisinya yang hidup dibawah garis kemiskinan, Sumiati memiliki keinginan yang begitu kuat. Ia berharap kelak anak cucunya bisa menjadi orang yang sukses, agar tak bernasib sama seperti dirinya. Namun apadaya, kondisi ekonomi yang semakin melilit membuat dirinya pasrah.

“Inginnya anak-anak menjadi orang sukses, tapi karena keadaannya ini mungkin mereka akan berhenti sekolah. Tapi kasihan yang ini masih SD, tapi uang dari mana untuk beli buku dan seragam sekolah, untuk makan saja susah, kadang untuk makan aja sering di kasih beras sama tetangga,” tuturnya seraya menyeka airmata.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim Cabang Palembang memberikan bantuan berupa paket sembako untuk memenuhi kebutuhan pokok pada saat ifthar dan sahur nanti.

 

 

 

Jurnalis : Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend