Belajar Otodidak, Haya Piawai Menggambar dan Jadi Andalan di Sekolahnya

Belajar Otodidak, Haya Piawai Menggambar dan Jadi Andalan di Sekolahnya

 

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Haya Haura Afifah (15) mulai gemar menggambar. Ia terinspirasi dari keponakannya yang sudah lebih dulu membuat berbagai macam gambar. Dari sanalah, anak asuh Rumah Yatim Cemara itu mencoba belajar melukis secara otodidak.

Sudah enam tahun sejak saat itu, ia menekuni bakatnya. Sampai hari ini, Haya -sapaan akrabnya sudah menghasilkan banyak karya gambar dan lukisan. Seperti belakangan ini, ia membuat tiga lukisan bertema alam dan pemandangan.

Kepala Asrama Rumah Yatim Cemara, Ridwan mengaku tidak tahu jika anak asuhnya itu suka menggambar sejak SD. Dirinya baru tahu ketika Haya sudah mulai masuk SMP dan mulai menggambar berbagai jenis karakter kartun. Bahkan, kepiawaian nya  kata dia, Haya menjadi andalan di sekolahnya.

“Haya suka diminta membuat dekorasi dan gambar poster untuk menghias sekolahnya,” kata Ridwan, Kamis (30/4).

Walau begitu, menurutnya, Haya belum percaya diri untuk mengikuti perlombaan. Ia masih sedikit malu jika karyanya itu dilombakan. “Anaknya memang agak pemalu, jadi masih menyimpan karyanya untuk diri sendiri, paling kalau disuruh sama sekolahnya itu,” ungkapnya.

Tapi, kata dia, Haya cukup menginspirasi adik-adiknya di asrama. Adik-adiknya sudah mulai meniru hasil gambar Haya. Ia menambahkan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, anak asuh punya banyak waktu luang di asrama. Jadi, anak-anak mulai mengembangkan bakatnya dan belajar satu sama lain.

Namun, anak kelas 1 SMA jurusan IPA itu tidak ingin menjadi pelukis. Menggambar dan melukis hanya hobi Haya saja. Cita-citanya ialah menjadi dokter. Ridwan berharap, Haya bisa terus meningkatkan bakat menggambar dan melukisnya itu.

“Semoga ke depannya semakin percaya diri, dan cita-cita sebagai dokternya tercapai,” pungkasnya.

 

 

 

Jurnalis: Anjar Martiana
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend