Belut Hidup Jadi Bahan Perlombaan Peringati HUT RI di SD El Fitra

Belut biasanya menjadi konsumsi bagi sejumlah masyarakat di Indonesia. Namun, hal itu berbeda yang dilakukan oleh sejumlah siswa di SD El Fitra, Jalan Cibodas Raya No.49, Antapani Kidul, Antapani, Kota Bandung, Rabu (15/8). Puluhan belut disiapkan untuk digunakan dalam salah satu cabang perlombaan memperingati HUT ke 73 RI.

Hewan yang termasuk dalam jenis ikan ini, biasa disajikan dan dimasak dengan saus pedas asam, atau digoreng renyah sebagai makanan ringan. Namun, dalam perlombaan kali ini bukan untuk lomba memasak belut. Akan tetapi seluruh peserta yang terdiri dari siswa kelas satu hingga enam diharuskan menangkap dan memindahkan belut yang masih dalam keadaan hidup.

Tiga buah ember berisikan belut disiapkan oleh panitia perlombaan. Masing-masing ember kurang lebih diisi oleh 10 hingga 20 belut. Puluhan anak yang terbagi dari lima kelompok ini secara bergantian memindahkan belut hidup tersebut ke dalam botol berisi air yang disiapkan. Tidak jarang, belut yang ditangkap lepas kembali saat masing-masing peserta berlari mendekati botol.

“Lumayan susah nangkap belutnya, tapi senang,” tutur Muhammad Fiqri Saidal Muttaqin, salah seorang siswa yang mengikuti perlombaan menangkap belut.

Menurut Fiqri, lomba menangkap dan memindahkan belut ini ada cara tersendiri. Bahkan menurut dirinya perlu teknik yang baik dalam membawa belut hidup tersebut. Karena, tidak jarang dirinya juga menjatuhkan belut sebelum masuk ke dalam botol.

Terlepas dari susahnya memindahkan belut hidup tersebut, seluruh siswa tertawa dengan lepas. Bahkan tidak jarang, ada beberapa siswa yang kegelian melihat belut hidup dibawa oleh temannya. Perlombaan menangkap belut ini satu dari belasan lomba yang akan digelar hingga acara puncak pada Jumat (15/8).

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend